Dinas Pertanahan Pekanbaru Targetkan Sertifikasi 100 Persil Lahan Tahun Ini

Ahad, 21 Maret 2021 - 21:59:33 WIB Cetak

Kepala Dinas Pertanahan Pekanbaru Dedi Gusriadi

Betuah Pekanbaru - Dinas Pertanahan Kota Pekanbaru, tahun ini menargetkan bisa mensertifikasi aset tanah milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebanyak 100 persil.

Untuk percepatan sertifikasi, Dinas Pertanahan bakal mengikuti program Penyuluhan Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) perwakilan Kota Pekanbaru.

"Dengan mengikuti program PTSL, maka penerbitan sertifikat dapat lebih cepat, mudah dan transparan," ucap Kepala Dinas Pertanahan Pekanbaru Dedi Gusriadi, Minggu (21/3/2021).

Melalui program PTSL, kata Dedi, juga diharapkan bisa meminimalisir konflik lahan di Kota Bertuah baik antara warga dengan warga maupun warga dengan pemerintah.

"Jadi kita berharap dengan adanya program PTSL yang dibuka oleh ATR/BPN Kota Pekanbaru dapat meminimalisilr terjadinya konflik pertanahan yang ada, serta keamanan aset tanah Pemko Pekanbaru lebih terjaga," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemetaan dan Penanganan Konflik Pertanahan Arie Susma Indah menyebutkan, pihaknya telah turun ke lapangan untuk melengkapi persyaratan berkas PTSL di sejumlah lokasi PTSL seperti di Kelurahan Sialang Sakti, Sialang Rampai, Rejosari, Bambu Kuning, Sidomulyo Barat, Delima dan Kelurahan Tuah Karya.

"Kita mendatangi RT/RW di sejumlah kelurahan yang terletak aset tanah Pemerintah Kota Pekanbaru di dalamnya untuk meminta tanda tangan sebagai saksi sepadan," ungkapnya.

"Karena kita harus kejar target untuk ikut PTSL ini. Maka untuk itu, kita harus meluangkan waktu lembur bersama anggota lainnya untuk mengejar target ini," ulasnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+