Ketinggian Air Capai 1,5 Meter, Ratusan Rumah di Pekanbaru Terendam Banjir

Senin, 29 Maret 2021 - 12:21:54 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra saat meninjau banjir, Senin (29/3/2021).

Betuah Pekanbaru - Hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Minggu (28/3/2021) malam hingga Senin (29/3/2021) dinihari, mengakibatkan sekitar 600 rumah warga terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi hingga 1,5 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra menyebutkan, ratusan rumah warga yang direndam banjir itu tersebar di lima titik dalam wilayah Kecamatan Bukit Raya dan Tenayan Raya.

"Jadi ada lima titik banjir hari ini, seluruhnya perumahan di pinggiran Sungai Sail. Untuk satu titik ada 120 rumah yang terendam banjir," ungkapnya, Senin siang.

"Sekarang kita tengah melakukan peninjauan, seperti di Jalan Cengkeh, Tangor, Sungai Batak, Attaya dan satu titik lagi di Tenayan Raya. Untuk titik banjir yang banyak di Bukit Raya," ulas mantan Camat Payung Sekaki ini.

Dari hasil peninjauan yang dilakukan, kata Zarman, sebagian besar warga memilih bertahan di rumah untuk menjaga barang-barang yang ada karena belum sempat dievakuasi.

"Kalau ada yang mau evakuasi, kita bantu. Kita sudah siapkan perahu karet. Tapi warga masih memilih bertahan di rumah," ucapnya.

Saat ini, terang dia, BPBD sudah mulai mendirikan posko penampungan dan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk mendirikan dapur umum di lokasi banjir.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) untuk melakukan normalisasi dan pengerukan drainase dan anak sungai di wilayah banjir," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #peristiwa+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+