Picu Kerumunan Warga, Tempat Wisata di Pekanbaru Ditutup Satu Pekan

Senin, 17 Mei 2021 - 21:45:23 WIB Cetak

Ribuan warga berkerumun di tempat wisata Asia Heritage. Foto screenshot video Facebook Qamarian Arthy Noor.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, memutuskan untuk menutup seluruh tempat wisata dan taman rekreasi selama satu pekan terhitung tanggal 17 hingga 23 Mei mendatang.

Kebijakan ini diambil pasca terjadinya kerumunan warga di tempat wisata Asia Heritage, hingga viral di media sosial.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, penutupan tempat wisata dan taman rekreasi selama satu pekan itu tertuang dalam Surat Edaran Nomor 1586/STP/SKRE/V/2021 tentang Penutupan Taman Rekreasi/Wisata, dan Peniadaan Kegiatan di Gedung Pertemuan.

"Surat edaran tersebut berlaku mulai hari ini hingga 23 Mei 2021 mendatang," ungkapnya, Senin (17/5/2021).

Disampaikan walikota, terdapat tiga poin dalam surat edaran itu, diantaranya seluruh pelaku usaha taman rekreasi/ wisata menutup usaha selama tujuh hari terhitung tanggal 17 hingga 23 Mei 2021.

Lalu kegiatan keramaian di dalam gedung pertemuan/hotel/convention center yang melaksanakan acara melibatkan massa atau berpotensi menimbulkan kerumumanan (pertemuan sosial, politik, budaya, seminar, lokakarya, resepsi keluarga, dan kesenian) agar ditunda atau ditiadakan selama tujuh hari terhitung tanggal 17 hingga 23 Mei 2021.

Kemudian pengawasan melekat terhadap kebijakan di atas dilakukan oleh tim penegak hukum Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru yang terdiri dari unsur perangkat daerah terkait, BPBD, Satpol PP serta unsur TNI dan Polri.

"Dalam pelaksanaannya, agar melakukan upaya preventif hingga pemberian sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ucapnya. (abd)



Baca Juga Topik #wisata+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+