Pasca Dipadati Pengunjung, Pemko Pekanbaru Tutup Sementara Asia Heritage

Selasa, 18 Mei 2021 - 23:17:18 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mengambil tindakan tegas dengan melakukan penutupan sementara terhadap aktivitas di tempat wisata Asia Heritage.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, sanksi penutupan telah sesuai hasil evaluasi yang dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dari hasil evaluasi itu, pengelola diduga melanggar aturan di tempat usaha dengan tidak menerapkan protokol kesehatan (prokes) di kawasan objek wisata yang baru saja diresmikan akhir April lalu tersebut.

"Jadi kita tutup sampai mereka mau menerapkan protokol kesehatan," kata walikota, Selasa (18/5/2021).

Lantaran tidak mematuhi aturan yang berlaku, tempat wisata Asia Heritage dibanjiri ribuan pengunjung dan menjadi viral di media sosial (medsos).

Padahal, sebut walikota, tempat usaha yang diizinkan beroperasi di tengah pandemi Covid-19 hanya diperbolehkan menerima tamu atau pengunjung sebanyak 50 persen dari kapasitas ruangan atau tempat yang disediakan.

"Namun ini lebih (dari kapasitas), sehingga menimbulkan kerumunan dan juga viral. Tim Satgas mengevaluasi. Maka kami Forkopimda mengambil kebijakan ditutup sementara," ucapnya.

Seperti diketahui, kerumunan warga di tempat wisata Asia Heritage yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, viral di media sosial.

Berdasarkan video yang ramai di media sosial, terlihat ribuan pengunjung memadati tempat wisata tersebut sehingga banyak pihak yang menyayangkan terjadinya kerumunan warga mengingat Kota Pekanbaru sendiri masih berstatus zona merah penyebaran wabah Covid-19. (abd)



Baca Juga Topik #wisata+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+