Tekan Sebaran Covid, Pemko Pekanbaru Luncurkan 5 Bus Vaksinasi Keliling

Senin, 31 Mei 2021 - 14:34:50 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT didampingi Wawako H Ayat Cahyadi S.Si dan forkopimda, saat peluncuran 5 unit bus vaksinasi keliling.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, terus berupaya semaksimal mungkin guna mencegah, menekan dan memutus mata rantai sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19.

Terdapat berbagai upaya pencegahan yang telah dilakukan seperti menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro dan melaksanakan vaksinasi secara massal.

Kemudian yang terbaru, pemerintah kota berinovasi dengan meluncurkan 5 bus vaksinasi keliling.

Peluncuran 5 bus vaksinasi keliling ini dipimpin secara langsung oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT didampingi Wakil Walikota H Ayat Cahyadi S.Si, bertempat di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Kamis (27/5/2021).

Disaksikan Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, salah seorang warga menjalani vaksinasi pada peluncuran bus vaksinasi keliling di halaman MPP.

Disampaikan walikota, kelima bus vaksinasi keliling yang diprioritaskan guna melayani penyuntikan vaksin bagi warga lanjut usia (lansia) itu sudah mulai dioperasi secara penuh.

"Nantinya, bus vaksinasi keliling ini akan datang secara mobile ke tiap-tiap kelurahan sehingga warga lebih mudah untuk mendapatkan vaksin," ucapnya.

Dikatakan walikota, pengoperasian bus vaksinasi keliling juga bertujuan memperkuat upaya pencegahan melalui PPKM.

"Jadi PPKM adalah benteng utama kita di dalam memerangi covid. Kemudian bus vaksinasi keliling, ini adalah bagian dari penguatan benteng tersebut yang akan dapat melayani vaksinasi sampai ke RT, RW, terutama di wilayah zona merah," ungkapnya.

Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT dan rombongan pada peluncuran bus vaksinasi keliling.

Walikota, berharap pos PPKM yang berbasis di tingkat Rukun Warga (RW), kelurahan dan kecamatan bisa menjadi kekuatan bagi pemerintah kota di dalam upaya memberantas dan memerangi wabah covid.

"Maka pos PPKM yang dikomandai dan dikoordinir oleh camat dan lurah, kemudian diawasi oleh TNI/Polri beserta tim covid Pekanbaru, ini adalah benteng utama kita," tegasnya.

Selain untuk memperkuat PPKM, bus vaksinasi keliling juga akan membantu percepatan vaksinasi. Yang mana, tercatat sebanyak 700 ribu warga Kota Pekanbaru yang masuk dalam daftar wajib vaksin.

Hingga kini, terang walikota, total warga yang telah disuntik vaksin baru berkisar 100 ribu orang. Sisanya sebanyak 600 ribu lagi ditargetkan tuntas sebelum akhir Desember 2021 mendatang.

"Oleh sebab itu, kita harus melakukan berbagai langkah percepatan seperti vaksinasi massal dan mengoperasikan bus vaksinasi keliling. Sebab, jika hanya mengandalkan vaksinasi reguler di rumah sakit dan puskesmas, itu tidak akan tercapai sesuai target," ujarnya.

Guna memastikan berbagai upaya pencegahan dapat berjalan dengan baik, walikota mengajak semua pihak untuk mendukung keberadaan pos PPKM dan pelayanan bus vaksinasi keliling.

"Karena upaya maksimal yang kita lakukan, ini tidak dapat dilakukan secara maksimal bilamana tidak didukung oleh komponen masyarakat. Untuk itu, mari sama-sama kita untuk menekan penularan covid," tutupnya. (advertorial)



Baca Juga Topik #Advertorial+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+