PPIKHL Sumatera Verifikasi Proklim Utama dan Lestari Dua RW di Tobek Godang

Kamis, 22 Juli 2021 - 14:00:18 WIB Cetak

Camat Binawidya Edi Suherman, saat mengikuti verikasi Proklim ketagori Utama dan Lestari secara virtual di RW 02 Kelurahan Tobek Godang, Kamis (22/7/2021).

Betuah Pekanbaru - Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLKH), melakukan verifikasi Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama dan Lestari di RW 02 dan 03 Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru, Kamis (22/7/2021).

Verifikasi guna menyesuaikan laporan dengan kondisi di lapangan yang dilangsungkan secara virtual itu diikuti oleh sejumlah tim verifikator dari Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Plt Kepala Dinas LHK Pekanbaru Marzuki, Camat Binawidya Edi Suherman dan Lurah Tobek Godang Yasir Arafat beserta jajaran.

Camat Binawidya Edi Suherman dan Lurah Tobek Godang Yasir Arafat, foto bersama usai verifikasi Proklim kategori Utama dan Lestari di RW 02.

Kemudian hadir juga Babinsa Kelurahan Tobek Godang Misbahuddin, Ketua RW 02 dan 03, sejumlah ketua RT, serta puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang tengah menjalani Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta.

Salah seorang tim verifikator dari Balai PPIKHL Wilayah Sumatera Erwin Meirifansyah, pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi atas upaya dan partisipasi warga di RW 02 dan 03 dalam menyukseskan Proklim yang menjadi salah satu program prioritas Presiden RI Joko Widodo.

"Semoga apa yang telah dilakukan di RW 02 dan 03 dapat memotivasi RW lainnya guna menyukseskan Program Kampung Iklim. Ini penting mengingat Kota Pekanbaru sendiri rawan dari bencana kabut asap, sehingga perlu diperbanyak desa yang melaksanakan aksi mitigasi dan penurunan emisi gas rumah kaca," ucapnya.

Menurut Erwin, pelaksanaan Proklim di Kelurahan Tobek Godang pantas diberi apresiasi mengingat sejauh ini program tersebut kebanyakan hanya diikuti oleh desa di wilayah kabupaten yang ada di Tanah Air.

"Alhamdulillah sekarang ada satu kelurahan yakni Kelurahan Tobek Godang yang ada di Kota Pekanbaru yang turut serta dalam melaksanakan kegiatan adaptasi dan mitigasi melalui Program Kampung Iklim ini," ujarnya.

Sementara itu, Camat Binawidya Edi Suherman juga memberikan apresiasi atas kinerja dan kekompakan Lurah Tobek Godang Yasir Arafat bersama RT-RW dalam melaksanakan Program Kampung Iklim.

"Kekompakan dan kerjasama lurah bersama RT-RW ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan Proklim kategori Utama oleh Kelurahan Tobek Godang dari Kementerian LHK beberapa waktu lalu. Sekarang ada lagi dua RW yang masuk nominasi Proklim kategori Utama dan Lestari, ini tentunya sangat luar biasa," tutur dia.

Ke depannya, lanjut Edi, diharapkan Proklim yang dilaksanakan di Kelurahan Tobek Godang bisa menjadi contoh bagi kelurahan dan RT-RW khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Binawidya.

"Saya sungguh sangat terharu dengan tingginya partisipasi warga di RW 02 dan 03 di dalam menjaga iklim ini supaya bisa terwujud lingkungan yang bersih dan sehat. Tentunya ini semua tidak terlepas dari kerja keras lurah dan RT-RW," tutupnya.

Di tempat yang sama, Lurah Tobek Godang Yasir Arafat menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Walikota Pekanbaru, Dinas LHK Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru, Camat Binawidya serta berbagai pihak sehingga kelurahan yang ia pimpin bisa tampil dan turut serta di dalam menyukseskan Program Kampung Iklim.

"Karena tanpa adanya dukungan dari semua pihak, tentu sangat sulit bagi kita dalam melaksanakan berbagai kegiatan," tegasnya.

Dengan berbagai persiapan dan kerja keras semua pihak terutama RT-RW dan masyarakat, Yasir berharap hasil verifikasi tersebut bisa mengantarkan RW 02 dan RW 03 untuk meraih predikat Proklim Utama dan Lestari di tingkat nasional.

"Harapan kita tentunya seperti itu," ujar Yasir.

Sebelumnya diberitakan, dua RW di Kelurahan Tobek Godang di antaranya RW 02 dan 03 masuk dalam nominasi Proklim kategori Utama dan Lestari tahun 2021 yang ditaja Kementerian LHK melalui Balai PPIKHL wilayah Sumatera. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+