Retribusi Parkir dan Ongkos Bus TMP akan Gunakan Sistem Non Tunai

Jumat, 13 Agustus 2021 - 14:19:36 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat menandatangani MoU kerjasama dengan BRI Lancang Kuning (Menara BRI), bertempat di aula perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Jumat (13/8/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan, akhir tahun ini akan mulai menerapkan sistem non tunai untuk pembayaran retribusi parkir dan ongkos bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

Hal itu disampaikan Walikota Pekanbaru Firdaus, usai penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan BRI Lancang Kuning (Menara BRI) guna mempermudah pembayaran perparkiran dan ongkos naik bus TMP, Jumat (13/8/2021).

MoU sendiri ditandatangani oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, Kepala Dinas Perhubungan Yuliarso, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perparkiran Radinal Munandar dan Kepala Kantor Cabang BRI Lancang Kuning (Menara BRI) Bayu Destianto.

"Melalui aplikasi non tunai, maka warga dimudahkan pembayaran parkir. Di samping itu, uang parkir yang diperoleh dapat terkontrol dengan baik," kata walikota.

Menurutnya, kerjasama dengan BRI tersebut akan dapat meningkatkan pelayanan publik dalam hal perparkiran. Di era digitalisasi, pembayaran parkir tidak lagi dengan uang tunai. Oleh sebab itu, aplikasi pembayaran non tunai sangat dibutuhkan.

"Begitu juga dengan bus TMP. Nantinya pembayarannya ongkos bus TMP maupun feeder (transportasi penghubung dari pemukiman ke halte bus TMP) juga akan menggunakan aplikasi digital yang disiapkan BRI," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Lancang Kuning Bayu mengatakan, pihaknya membantu Pemko Pekanbaru di berbagai bidang layanan. BRI sudah memiliki teknologi yang sangat baik dengan jaringan luas. Sehingga, BRI dapat mendukung keperluan perbankan Pemko Pekanbaru. 

"Pada tahap awal ini, kami bekerja sama dengan Dishub terkait retribusi parkir. Dengan kerja sama ini, laporan keuangan pendapatan daerah dari retribusi parkir semakin transparan," ungkapnya. 

Masyarakat juga dipermudah dalam proses pembayaran yang parkir. Perlu diketahui, BRI punya banyak variasi pembayaran non tunai QR Code yang digalakkan Bank Indonesia. QR Code ini dinamakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). 

"QR Code ini bisa dilakukan oleh berbagai media pembayaran. Pembayaran uang parkir juga bisa menggunakan kartu Brizzi BRI. Ke depan, kerja sama ini akan berkembang ke sektor lainnya seperti pembayaran ongkos bus TMP," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+