Pemko Pekanbaru Hanya Izinkan TPU Palas untuk Pemakaman Jenazah Pasien Covid

Jumat, 20 Agustus 2021 - 13:58:50 WIB Cetak

Proses pemakaman jenazah pasien teridentifikasi Covid-19 di TPU Palas Jalan Teuku Mahmud, Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai Barat. (int)

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tidak membenarkan jenazah pasien covid dimakamkan di Tempat Pemakaian Umum (TPU) wilayah pemukiman. Akan tetapi, jenazah pasien covid hanya boleh dimakamkan di TPU Palas Jalan Teuku Mahmud, Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai Barat.

Hal itu sesuai Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru Nomor 2619/STP/SEKR/VIII/2021 tentang Penanganan Pemakaman Jenazah Pasien Covid-19 tertanggal 18 Agustus 2021 yang ditandatangani oleh Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

Terdapat 4 poin dalam SE tindaklanjut dari Peraturan Walikota Nomor 94 Tahun 2021 tentang Penanganan Pemakaman Jenazah Teridentifikasi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 itu, di antaranya:

Pertama, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan lokasi TPU Palas Jalan Teuku Mahmud, Kelurahan Maharani, Kecamatan Rumbai Barat, sebagai tempat pemakaman jenazah yang terindentifikasi terpapar Covid-19 sesuai dengan Keputusan Walikota Pekanbaru Nomor 311 Tahun 2020.

Kedua, setiap jenazah orang yang teridentifikasi Covid-19 di Kota Pekanbaru, pemakamannya wajib dilaksanakan di tempat TPU Palas Jalan Teuku Mahmud sesuai protokol kesehatan dan prosedur yang telah ditetapkan serta tidak bertentangan dengan kaidah-kaidah keagamaan.

Ketiga, diminta kepada camat, lurah, RW dan RT untuk tidak memberikan rekomendasi terhadap permintaan masyarakat atau ahli waris untuk melaksanakan pemakaman jenazah yang terindentifikasi terpapar Covid-19 selain tempat pemakaman yang telah ditetapkan oleh Pemko Pekanbaru.

Keempat, pemindahan jenazah terindentifikasi terpapar Covid-19 hanya dapat dilakukan setelah paling kurang satu tahun sejak dimakamkan dengan tetap berpedoman kepada prosedur yang telah ditetapkan dalam Peraturan Walikota Nomor 94 tahun 2021. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+