Tiga Hotel di Pekanbaru Ajukan Izin jadi Tempat Isoter Positif Covid

Jumat, 20 Agustus 2021 - 20:09:13 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menerima pengajuan izin dari tiga pengelola hotel yang bakal jadi lokasi isolasi terpadu atau isoter bagi positif Covid-19.

"Yang sudah melakukan permintaan izin itu ada tiga hotel, ini kita persiapkan evaluasi menerbitkan izin," ungkap Walikota Pekanbaru Firdaus, Jumat (20/8/2021).

Sebelum diberikan izin, kata dia, pemerintah kota melalui Satgas Covid-19 akan melakukan pengkajian terlebih dahulu.

Nantinya, lanjut Firdaus, hotel yang menyediakan layanan isoter mesti tetap perhatikan protokol kesehatan dan aturan sesuai SOP yang ada. Pengelola hotel juga harus bisa mengelola limbah medis yang dihasilkan.

"Jadi kita atur secara detil dulu, serta apa saja yang dilakukan oleh petugas membersihkan kamar pasien yang isolasi di sana," paparnya.

Firdaus juga mengingatkan agar tim Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru mengawasi isoter di hotel. Sementara Dinas kesehatan bersama Dinas LHK harus mengawasi limbahnya.

"Begitu juga dengan limbah rumah sakit, klinik dan hotel, harus ada pengawasan menyeluruh," tegasnya.

Firdaus mengaku bahwa pemerintah menyambut adanya hotel yang akan jadi lokasi isoter sehingga bisa sebagai tempat antisipasi jika terjadi lonjakan sebaran wabah covid.

"Namun kita berharap tentu tidak ada lonjakan. Kita harus siap antisipasi," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+