Walikota Sesalkan Adanya Sekolah Belajar Tatap Muka dengan Berbagai Modus

Senin, 30 Agustus 2021 - 21:16:43 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, mengaku sangat menyesalkan masih adanya sekolah swasta yang belajar tatap muka dengan berbagai modus disaat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV tahap keempat.

Dari laporan yang diterima, kata dia, pihak sekolah mengakalinya dengan berbagai program salah satunya seperti belajar kelompok. Kegiatan sendiri justeru dilangsungkan di rumah peserta didik.

"Jadi banyak juga yang diakal-akali. Beberapa sekolah membuat programnya seperti kujungan lapangan, samacam belajar kelompok. Gurunya kemudian datang ke tempat kelompok belajar," ungkapnya, Senin (30/8/2021).

"Walaupun ini tidak resmi, kucing-kucingan, tapi laporan tetap sampai ke kami bahwa ada orangtuang tua wali murid menyediakan tempat di rumahnya," ulasnya.

Menurut walikota, kegiatan yang digelar pihak sekolah tersebut sangat membahayakan terhadap keselamatan dan kesehatan peserta didik mengingat Kota Pekanbaru sendiri masih berstatus zona merah sebaran wabah Covid-19.
 
"Kegiatan yang tersembunyi seperti ini, itu adalah kegiatan yang sangat membahayakan. Menunjukan kita tidak peka dan tidak sayang kepada anak dan diri sendiri," ucapnya.

Untuk itu, walikota menghimbau baik kepada pihak sekolah dan orantua peserta didik agar tidak lagi melangsungkan belajar tatap muka dengan modus belajar kelompok tersebut.

"Kami himbau, jangan dilakukan lagi, karena lebih berbahaya. Apalagi jumlahnya, laporan ke kami lebih dari 10 orang dalam satu kali pertemuan," tutupnya.

Sementara itu dari data Satgas Covid-19, ada sembilan sekolah yang kedapatan melangsungkan belajar tatap muka.

Ke-9 sekolah tersebut terdiri dari 4 Sekolah Dasar (SD), 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Tim telah memberikan sanksi administrasi berupa teguran kepada pihak sekolah. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+