Pemko Pekanbaru tak Izinkan Takbir Keliling, Berikut Aturan Idul Fitri 1443 H

Kamis, 28 April 2022 - 21:00:05 WIB Cetak

Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, tak mengiizinkan warga di Ibokata Provinsi Riau melaksanakan takbir keliling menyambut Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Kamis (28/4/2022) menyebutkan, larangan takbir keliling itu diatur dalam Surat Edaran Nomor 20/SE/2022 tentang Pelaksanaan Gema Takbir, Shalat Idul Fitri dan Halal Bihalal Pada Perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 M.

Disampaikannya, terdapat 5 poin penting dalam SE tertanggal 27 April 2022 yang ditandatangani secara langsung oleh Walikota Pekanbaru.

Pertama, pelaksanakan kumandang takbir pada malam Idul Fitri 1443 H/ 2022 M hanya di masjid/mushalla dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan tidak diberikan izin takbir keliling atau kegiatan lainnya dalam bentuk apapun yang menyebabkan kerumunan masa.

Kedua, pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1443 H /2022 M dapat dilaksanakan pada lapangan terbuka atau di masjid /mushalla dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Ketiga, kegiatan halal bihalal/ open house dapat dilakukan dengan membatasi jumlah tamu 75 persen dari kapasitas ruangan serta menghindari acara makan-makan di keramaian yang membuat peserta membuka masker karena rawan penularan Covid-19.

Keempat, bagi masyarakat yang meninggalkan rumah untuk mudik lebaran agar memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman, untuk menghindari kondisi yang tidak diinginkan kepada setiap warga lingkungan perumahan agar saling menjaga lingkungannya selama masa mudik lebaran dan diminta untuk melaporkan kepada Satuan Tugas Rumah Kosong Polresta Pekanbaru melalui RT/RW, lurah dan camat secara berjenjang.

Kelima, seluruh masyarakat Kota Pekanbaru untuk mematuhi, saling mengingatkan, mengedukasi dan memberikan kesadaran baik kepada keluarga maupun masyarakat untuk memutus penyebaran Covid-19 serta tetap melakukan ikhtiar dan berdo’a.

"Kita harapkan semua pihak bisa mematuhi aturan yang ditetapkan, sehingga sebaran wabah covid bisa terus kita tekan secara bersama-sama," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+