Sistem Online, PPDB Tingkat SD di Pekanbaru Dijadwalkan Akhir Juni

Selasa, 17 Mei 2022 - 14:22:17 WIB Cetak

Sekretaris Disdik Pekanbaru Muzailis/Net

Betuah Pekanbaru - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, berencana menerapkan sistem online untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) tahun ajaran 2022-2023.

"Kalau sekarang kan untuk SD masih manual. Tahun ini, kita akan lakukan secara online sama dengan SMP," kata Sekretaris Disdik Muzailis, Selasa (17/5/2022).

Dijadwalkan, terang dia, PPDB tingkat SD telah dimulai terhitung tanggal 20 hingga 25 Juni mendatang. Sementara untuk tingkat SMP dimulai tanggal 27 Juni hingga 2 Juli.

"Jadi sesuai rencana, untuk SD ini lebih duluan dari SMP. Sistemnya masih zonasi juga. Cuma bedanya untuk SD, itu berdasarkan umur dan jarak rumah. Kalau SMP kan tidak pakai umur, tapi hanya zonasi," ucapnya.

Terkait persiapan sekolah dalam penerapan PPDB online nanti, disebutkan Muzailis jika sebagian besar SD sudah siap lantaran tidak membutuhkan peralatan khusus.

"Tapi asal ada jaringan internet saja. Rata-rata sekolah kita sudah ada jaringan internetnya. Kalau untuk aplikasinya, kita mendatangkan perusahaan atau vendor dari pihak ketiga untuk jaringan aplikasi," papar dia.

Lebih jauh disampaikan Muzailis, penerapan PPDB online bertujuan memanfaatkan teknologi IT guna mempermudah orangtua mendaftarkan anaknya ke sekolah yang dituju tanpa harus datang ke sekolah bersangkutan.

"Sehingga masyarakat tidak lagi berbondong-bondong ke sekolah untuk mendadaftarkan anak. Jadi, sekarang anak bisa didaftarkan dari rumah, dimana saja melalui online, sehingga orangtua tidak disubukkan untuk datang ke sekolah," ujarnya.

"Sekarang menjelang PPDB, orangtua tinggal mempersiapkan anak-anaknya serta adiministrasi yang dibutuhkan. Untuk persyaratan, nanti bisa dipantau di website Disdik Pekanbaru," tutup Muzailis menambahkan. (rki)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+