Pengungsi Rohingya Mulai Tempati Tempat Penampungan di Pekanbaru

Rabu, 18 Mei 2022 - 14:49:38 WIB Cetak

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Pengungsi Rohingya asal Myanmar, mulai menempati tempat penampungan di Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Mereka diangkut dari Aceh ke Kota Bertuah menggunakan pesawat.

"Hari ini sudah sampai di Pekanbaru dan sudah berada di tempat penampungan yang telah ditetapkan Pemerintah Kota Pekanbaru," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Rabu (18/5/2022).

Disampaikannya, secara keseluruhan terdapat sebanyak 119 pengungsi Rohingnya yang dipindahkan dari Aceh ke Kota Pekanbaru. Mereka diangkut dalam beberapa kali penerbangan.

"Tadi kedatangan pertama melalui Bandara SSQ mendarat pukul 08.45 WIB. Kemudian untuk penerbangan kedua diperkirakan sampai pukul 15.00 WIB," ungkapnya.

Proses pemindahan sendiri, sebut Zulfahmi, langaung dimonitor oleh Tim Kemenkopolhukam RI dan Tim Kemendagri serta Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri Pusat.

"Para pengungsi nantinya ditempatkan di Wisma D'COP 2 di Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan," terang dia.

Selama berada di lokasi penampungan di Kota Pekanbaru, para pengungsi Rohingya juga wajib mematuhi aturan yang ditetapkan yang berlaku sama dengan pengungsi dari negara lainnya.

"Aturannya sama dengan pengungsi lainnya, mereka harus mematuhi aturan berlaku, menjaga kemananan dan ketertiban, tidak melakukan hal-hal yang berlawanan dengan hukum," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+