Selain Cabai, Sewa Kontrakan Hingga Nasi Bungkus Ikut Picu Inflasi di Riau

Rabu, 10 Agustus 2022 - 23:47:24 WIB Cetak

Ilustrasi inflasi. (Foto Iternet)

Betuah Pekanbaru - Inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu, mengalami kenaikan yang cukup tinggi di Provinsi Riau.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terkadinya inflasi seperti naiknya harga komoditas hortikultura seperti cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, serta bawang merah.

Selain itu dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, inflasi juga ikut dipicu oleh tingginya harga kontrak rumah dan naiknya harga nasi bungkus.

Kepala BPS Riau diwakili Statistisi Ahli Madya selaku penanggung jawab Statistik Distribusi BPS Riau Fitri Hariyanti menyampaikan, bahwa pada bulan Februari, Maret, Juni, dan Juli, melonjaknya harga cabai memang menjadi penyebab utama inflasi.

Namun menurutnya, perlu pula diketahui bahwa selain mengendalikan harga cabai akan tetapi komoditi lainnya juga perlu menjadi perhatian.

"Karena kalau kita bisa mengendalikan harga cabai, tapi komoditas lainnya yang mempunyai bobot tinggi jadi tetap menyebabkan inflasi," ujarnya, saat rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah Riau, di Ruang Rapat Melati, Kantor Gubernur Riau, Rabu (10/8/2022).

Fitri mengungkapkan, jika dilihat dari bobot penyebab inflasi, tingginya sewa rumah juga menjadi salah satu faktor. Karena saat ini sudah mendekati masuknya mahasiswa baru.

Sehingga banyaknya mahasiswa yang akan mencari kos-kosan. Lalu, dimanfaatkan oleh pemilik kos-kosan untuk menaikkan harga sewa.

"Kenaikan listrik yang sedikit juga menyebabkan inflasi," ungkapnya.

Fitri menyebutkan, bobot penyebab inflasi lainnya adalah rokok kretek, karena banyaknya masayarakat yang mengonsumsi rokok kretek.

"Kemudian kontrak rumah, nasi dengan lauk bobotnya lumayan tinggi. Kalau ada kenaikan nasi bungkus itu juga bisa menaikkan inflasi," ucapnya.

"Kemudian cabai merah termasuk 10 komoditi yang memiliki bobot tinggi (terjadinya inflasi). Itulah sebabnya, ada kenaikan cabai merah itu, kita langsung inflasi. Apalagi kenaikan saat ini lumayan tinggi," tutupnya seperti dikutip dari Media Center Riau.***



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+