Bawaslu Pekanbaru Segera Rekrut Puluhan Panwascam

Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:15:26 WIB Cetak

Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution, pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru, bertempat di Hotel Grand Elite, Kamis (11/8/2022).

Betuah Pekanbaru - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pekanbaru, segera melakukan perekrutan terhadap puluhan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam).

"Kita jadwalkan Oktober," kata Ketua Bawaslu Kota Pekanbaru Indra Khalid Nasution, pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bagi Masyarakat Kota Pekanbaru, bertempat di Hotel Grand Elite, Kamis (11/8/2022).

Disampaikannya, Bawaslu akan berupaya mencari petugas yang betul-betul profesional dan berintegritas sehingga bisa melaksanakan tugas sesuai aturan berlaku selama pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu), Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 2024 mendatang.

"Karena penyelenggara pemilu ini mesti memiliki prinsip di antaranya jujur, adil, mandiri, berintegritas, yang dimuat baik itu dalam undang-undang pemilu maupun pilkada," ucapnya.

Untuk itu, Indra mengajak semua pihak ikut mengawasi netralitas dari petugas pengawas pemilu mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan, hingga TPS.

"Sehingga penyelenggara pemilu bisa bekerja sesuai kode etik, profesional dan berintegritas," harap dia.

Bagi penyelenggara pemilu khususnya tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang diduga memihak, lanjut Indra, bisa diadukan secara langsung ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Pengaduannya bisa online. Nanti akan diproses DKPP. Kalau terbukti, nanti disidang kode etik. Sanksi tentu sesuai pelanggaran. Yang paling berat itu diberhentikan," tegasnya.

Kemudian untuk pengawas pemilu tingkat kecamatan, kelurahan hingga TPS yang tidak profesional dan berintegritas, bisa dilaporkan ke Bawaslu Pekanbaru.

"Nanti Bawaslu yang akan memeriksa. Bagaimana kalau Bawaslu memihak panwascam (pengawas pemilu kecamatan), nah kembali ke tadi, lapor ke DKPP," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+