Tim Terpadu Berjibaku Padamkan Kebarakan Lahan Gambut di Sekip Hilir

Ahad, 14 Agustus 2022 - 21:14:49 WIB Cetak

Tim Terpadu Penanggulangan Karhutla Inhu tengah melakukan pemadaman dan pendinginan di lahan gambut yang terbakar di Desa Sekip Hilir, Kecamatan Rengat.

Betuah Inhu - Tim Terpadu Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Inhu, sejak empat hari terakhir berjibaku melakukan pemadaman api yang membakar lahan gambut di Desa Sekip Hilir, Kecamatan Rengat.

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu Ergusfian menyebutkan, kebakaran lahan gambut di Sekip Hilir yang berbatasan dengan Desa Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat itu terjadi sejak Kamis (11/8/2022) lalu.

Untuk melakukan pemadaman, kata dia, tim KPBD dipecah menjadi tiga regu. Satu regu masuk ke Desa Rawa Jadi Kecamatan Rengat menggunakan sampan, satu regu masuk dari Kelurahan Sekip Sipayung Kecamatan Rengat dan satu regu masuk dari Desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat.

"Selama pemadaman hingga pendinginan, tim dibantu oleh TNI, Polri, Manggala Agni, PT SSR dan masyarakat. Hari kedua pemadaman dibantu oleh helikopter untuk melakukan Water Bombing," ungkap Ergusfian, Minggu (14/8/2022).

Hingga hari ketiga sampai hari ini, lanjutnya, tim terus berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan. Karena masih ada sebagian lokasi yang menimbulkan asap.

"Besok kita masih melanjutkan pendinginan. Pemadaman dan pendinginan pada hari ini sudah memasuku hari keempat," jelasnya.

Ergusfian menuturkan, lokasi kebakaran lahan gambut tersebut berupa hamparan semak belukar dan sebagian sudah ada tanaman kelapa sawit.

Sebagai info tambahan, sebagaimana didapat informasi dari masyarakat, luas areal yang terbakar sejak empat hari terakhir ini mencapai belasan hektar. (yuz)



Baca Juga Topik #Inhu+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+