Musim Hujan Rawan Banjir, Warga Pekanbaru Diingatkan tak Meyampah Sembarangan

Rabu, 07 September 2022 - 15:46:10 WIB Cetak

Kalaksa BPBD Pekanbaru Zarman Candra

Betuah Pekanbaru - Warga di Ibukota Provinsi Riau, diingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan terutama ke dalam saluran pembuangan air mengingat pada Oktober mendatang akan memasuki musim penghujan yang rawan terjadinya banjir.

"Di Oktober curah hujan diperkirakan akan tinggi," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Candra, Rabu (7/9/2022).

Disampaikannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir banjir dengan cara menjaga kebersihan lingkungan terutama saluran pembuangan air.

Dalam hal ini, warga diingatkan untuk tidak membuang sampah ke dalam parit karena akan menghambat aliran air yang kemudian bisa memicu terjadinya banjir.

"Kami berharap masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Kalau aliran tersumbat, tentu bisa menyebabkan banjir," ujarnya.

Sementara itu dari BPBD sendiri, disebutkan Zarman, bersama OPD terkait terus berupaya melakukan penanganan di lapangan.

"Kami juga sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat bagaimana cara pencegahan agar tidak terjadi banjir. Karena kita di Pekanbaru ini dihadapkan pada dua musim. Musim kemarau kita rawan karhutla, dan musim hujan timbulnya banjir," tutup dia. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+