Diskes Pekanbaru tak Dapat Anggaran di APBD-P Lunasi Tunda Bayar Rp19 Miliar

Senin, 03 Oktober 2022 - 20:47:07 WIB Cetak

Tenaga kesehatan dari Diskes Pekanbaru tengah memeriksa kesehatan warga sebelum disuntik vaksin Covid-19.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, tak mendapat anggaran di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2022 untuk melunasi tunda bayar senilai Rp19 miliar.

Padahal, hutang belasan miliar dari belanja layanan kesehatan dan belanja penanganan Covid-19 itu telah ditunggak sejak 2021 lalu.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih menyebutkan, pihaknya tak bisa mengakses aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) untuk menginput data tunda bayar tersebut agar bisa dilunasi di penghujung 2022 ini.

"Belum lagi (bisa dibayar tahun ini). Karena kemarin kita mau masukkan hitungannya ke aplikasi (SIPD), terkunci. Jadi tidak bisa diinput (angkanya)," ungkapnya dikonfirmasi wartawan melalui telepon seluler, Senin (3/10/2022).

Zaini mengaku, proses penginputan data sendiri dilakukan pihaknya sebelum APBD-P disahkan pemakaiannya oleh DPRD setempat pada Jumat, 30 September kemarin.

Namun, aplikasi SIPD sudah terlebih dahulu dikunci Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sehingga proses penginputan anggaran tunda bayar tak bisa dilakukan.

"Kemarin saat mau menginput datanya, kan aplikasi SIPD itu, aplikasi itu dikunci oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kota Pekanbaru," ujarnya.

Seperti diketahui, APBD-P 2022 Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sebesar Rp2,521 triliun telah disahkan pemakaiannya di akhir September kemarin oleh DPRD setempat.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun sebelumnya mengatakan, di APBD-P 2022 fokus untuk melunasi tunda bayar kegiatan tahun 2021 yang masih tersisa sekitar Rp70 miliar. Angka puluhan miliar ini ternyata tak masuk tunda bayar di Diskes sebesar Rp19 miliar. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+