Percepatan Booster, Pemko Pekanbaru Gelar Vaksinasi Merdeka di 17 Titik

Jumat, 23 September 2022 - 16:39:39 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal dan rombongan, saat meminjau Vaksinasi Merdeka di halaman MPP.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, menggelar Vaksinasi Merdeka secara serentak di 17 titik yang tersebar di 15 kecamatan, Kamis (22/9/2022).

Untuk tingkat kota, gelaran yang diharapkan bisa mempercepat capaian vaksinasi booster Covid-19 dengan sasaran 17.460 orang ini dipusatkan di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman.

Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka yang juga bersempena HUT ke-77 Republik Indonesia ini ditinjau secara langsung oleh Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal.

Dikatakan Muflihun, kegiatan vaksinasi Covid-19 secara serentak ini sengaja dilakukan Pemko Pekanbaru dalam melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di ibukota Provinsi Riau.

Pasalnya, meskipun saat ini Kota Pekanbaru masuk dalam PPKM level 1 namun pencapaian vaksinasi Covid-19 khususnya booster pertama masih perlu ditingkatkan. Sehingga Pemerintah Kota Pekanbaru menargetkan vaksinasi Merdeka ini dapat diikuti sebanyak 17.460 orang peserta.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi kapolda Riau dan Dandrem yang bertujuan untuk menimalisir jumlah pasien covid di kota Pekanbaru. Namun kegiatan sempat tertunda karena stok vaksin yang terbatas sehingga baru kali ini bisa dijalankan," ucapnya.

Dia melanjutkan, Vaksinasi Merdeka merupakan upaya menanggulangi Covid-19 dengan mengajak masyarakat untuk menuntaskan vaksinasi. 

"Kami menargetkan sebanyak 17 ribu orang lebih yang penyebarannya ada di 17 lokasi termasuk di MPP ini. Ini kita lakukan sebagai upaya menuntaskan pemberian vaksin, baik dosis satu, dosis dua dan dosis ketiga," paparnya.

Lanjut Muflihun, meskipun saat ini kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru cendrung mengalami penurunan. Namun pemerintah kota tetap berupaya menggesa pemberian vaksin. 

"Kita sudah bekerjasama dengan semua pihak, untuk mengajak masyarakat yang belum suntik vaksin. Percepatan vaksinasi akan terus kita galakan agar terciptanya herd Imunity," tegasnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal mengaku sangat mengapresiasi langkah pemerintah Kota Pekanbaru yang tidak terlena setelah landainya penyebaran Covid-19. Terbukti dengan masih semangat dan antusiasnya Pemko Pekanbaru dan masyarakat Kota Pekanbaru yang mengikuti kegiatan vaksinasi Merdeka secara serentak di 17 lokasi di Pekanbaru.

"Saya sangat mengapresiasi langkah ini, karena vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru sudah sangat luar biasa melebihi target. Namun untuk vaksinasi booster memang harus ditingkatkan, " Ucapnya.

Irjen Iqbal juga mengimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak di Kota Pekanbaru untuk menyukseskan vaksinasi booster dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik di dalam maupun luar ruangan. 

"Saya berharap kegiatan vaksinasi massal ini terus dilakukan agar kita bisa meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. Karena Pekanbaru merupakan pusat dari segudang kegiatan di Provinsi Riau sehingga Pekanbaru harus menjadi contoh suksesnya kegiatan vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19.

"Kami tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan jangan abai. Karena pandemi Covid-19 ini belum berakhir," tegasnya.

Dia kembali mengingatkan, agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan guna antisipasi penyebaran virus. Selain itu, masyarakat juga diminta melakukan vaksinasi Covid-19 hingga dosis lengkap atau booster.

Pemerintah kota juga tetap masih menyediakan fasilitas kesehatan jika sewaktu-waktu terjadinya peningkatan kasus. Ada sejumlah ruang isolasi yang disiapkan. Diantaranya di Rusunawa Rejosari, Gedung BPSDM, Gedung Bapelkes, Gedung LPMP, dan Asrama Haji Riau. (abd)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+