Penanganan Bencana, Polresta Pekanbaru akan Bentuk Regu Standby

Selasa, 08 November 2022 - 20:02:28 WIB Cetak

Suasana rapat koordinasi kesiapsiagaan penanganan bencana alam di Aula Zapin Mapolresta Pekanbaru, Selasa (8/11/2022).

Betuah Pekanbaru - Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, bakal membentuk regu standby untuk kesiapsiagaan penanganan bencana alam.

Hal itu disampaikan Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Pria Budi, pada rapat koordinasi kesiapsiagaan penanganan bencana alam, bertempat di Aula Zapin Mapolresta setempat, Selasa (8/11/2022).

Rapat tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil, perwakilan Kodim, serta sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Pekanbaru.

Disampaikan Pria Budi, rapat koordinasi itu dilaksanakan berdasarkan kajian resiko terjadinya bencana alam musiman. Apalagi, intensitas hujan cukup tinggi sejak beberapa waktu belakangan.

"Banjir merupakan musibah musiman yang terjadi di Kota Pekanbaru, tercatat di beberapa titik rawan bencana alam jika musim hujan dan air pasang akan mengakibatkan banjir dan tanah longsor," ucapnya.

Untuk itu, Polresta akan membentuk regu standby di Polresta dan di Polsek jajaran. Kemudian kepada Kodim, Dishub, Satpol PP dan Damkar juga dapat membentuk tim standby dan on call di mako masing-masing. 

Nantinya, tim akan saling berkoordinasi dan bekerjasama dengan camat, Danramil dan kapolsek jajaran untuk membentuk tim standby di tiap-tiap kecamatan.

Selanjutnya, kata Pria Budi, pada pekan ini akan dilaksanakan apel gelar pengecekan peralatan penanganan bencana alam di masing-masing instasi terkait, pemetaan lokasi potensi bencana, mencari letak pos yang strategis dan membuat pos penganan bencana alam, agar memudahkan untuk penanganan bencana alam.

Sementara itu, Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil menyatakan jika pemerintah kota sangat mendukung dan siap bersinergi dalam mencegah dan mengantisipasi bencana alam di Kota Pekanbaru.

"Karena pencegahan dan penanggulangan bencana seperti banjir, kebakaran, dan lainnya itu harus bersama-sama kita melakukannya," ujar dia.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+