Diskes Pekanbaru Terima Penghargaan Penanggulangan AIDS Tingkat Provinsi

Kamis, 17 November 2022 - 20:18:04 WIB Cetak

Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, saat menerima penghargaan penanggulangan AIDS yang diserahkan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, menerima penghargaan penanggulangan Acquired Immunodeficiency Syndrome atau AIDS tingkat Provinsi Riau. 

Penghargaan atas keberhasilan dalam membangun kemitraan dengan layanan swasta dalam penanggulangan AIDS tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution yang juga selaku Ketua Pelaksana Komisi penanggulangan AIDS Provinsi Riau kepada Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, pada rapat koordinasi KPA se-Provinsi Riau, Kamis (17/11/2022).

Usai menerima penghargaan, Zaini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat dalam penanggulangan AIDS di Kota Pekanbaru.

"Karena selama ini kita memang terus mendorong peran serta pengelola layanan kesehatan swasta khususnya rumah sakit agar membuka layanan HIV dan AIDS baik dalam hal pemeriksaan maupun pengobatan," ucapnya.

Khusus Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kata dia, jauh-jauh hari telah memberikan pelayanan pemeriksaan HIV di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

"Bahkan di beberapa puskesmas juga sudah bisa memberikan layanan pengobatan. Harapanya adalah agar masyarakat lebih mudah dan dekat menjangkau layanan kesehatan baik pemeriksaaan maupun pengobatan AIDS," ujarnya.

Menurut Zaini, upaya penanggulangan HIV-AIDS perlu terus didorong karena masih ada ditemukannya kasus di Ibukota Provinsi Riau yang menjangkit ibu rumah tangga.

"Berdasarkan data yang kita rangkum, sejak Januari hingga Agustus 2022 ada temuan 150 kasus HIV. Sementara kasus AIDS mencapa 78 kasusi. Untuk itu perlu dilakukan upaya penanggulangan secara bersama-sama," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+