TPA Muara Fajar Hampir Penuh, DLHK Diminta Ambil Langkah Antisipasi

Jumat, 30 Desember 2022 - 15:36:09 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution dan rombongan, saat meninjau TPA Muara Fajar, Rumbai.

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, diminta segera mengambil langkah antisipasi agar sampah bisa tetap tertampung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar, Rumbai.

Sebab, untuk saat ini kapasitas di TPA Muara Fajar sudah hampir penuh dan dikhawatirkan tidak bisa lagi menampung sampah yang setiap hari diangkut ke TPA tersebut.

"Karena itu, perlu ada satu upaya kita bagaimana caranya sampah yang sampai di TPA itu bisa diolah. Apakah diolah menjadi energi atau mungkin juga untuk pupuk dan lain sebagainya," kata Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, usai melakukan peninjauan ke TPA Muara Fajar, Jumat (30/12/2022).

Disampaikannya, peninjauan yang dilakukan juga dalam rangka kesiapan pengelolaan sampah tahun 2023 mendatang.

"Jadi kita ingin memastikan apakah mereka (DLHK dan rekanan) sudah siap. Jangan sampai pas pergantian tahun, lalu ada kendala baik kedatangan maupun personel managemen dari perusahaan yang akan melakukan pengangkutan sampah," ujarnya.

Pada peninjauan itu, lanjut Indra, ia juga melakukan pengecekan terhadap mobil angkutan sampah dan alat timbang yang disediakan di TPA Muara Fajar.

Tadi kita cek juga kendaraan (angkutan sampah), kemudian kita timbang, timbang kosong. Tadi juga saya ngecek berkaitan dengan TPA-nya sendiri," pungkasnya.

Turut hadir dalam peninjauan itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdako Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Hendra Afriadi, serta Kepala Dishub Yuliarso.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+