Ribuan Warga Pekanbaru Sudah Registrasi Identitas Kependudukan Digital

Selasa, 17 Januari 2023 - 21:52:22 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menyaksikan sekaligus meregistrasi identitas kependudukan digital melalui smartphone.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diadukcapil) Kota Pekanbaru mencatat, hingga kini sudah terdapat sekitar 3 ribu warga yang telah melakukan registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

"Kalau kita perkirakan baru 1 persen warga kita yang sudah melakukan registrasi IKD dari total keseluruhan warga Pekanbaru yang wajib KTP," kata Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, Selasa (17/1/2023).

Disampaikannya, masih sedikitnya jumlah warga yang meregistrasi IKD karena memang untuk proses registrasi sendiri belum diberikan di seluruh layanan capil yang ada di kecamatan.

"Kita belum lakukan registrasi secara luas dan masih terbatas di MPP Dukcapil saja dan bagi ASN di lingkungan pemerintah kota. Namun nanti registrasi IKD akan kita buka juga di UPT Disdukcapil yang ada di kecamatan," ucapnya.

Dengan adanya pelayanan hingga ke tingkat kecamatan, Irma menargetkan di 2023 ini jumlah warga yang melalukan registrasi IKD bisa mencapai angka 25 persen dari total wajib KTP. 

"Untuk itu, bagi warga yang ingin melakukan registrasi IKD bisa datang ke MPP Dukcapil. Syaratnya wajib memiliki smartphone jenis android dan email serta membawa KTP," ungkapnya.

Sebab, lanjut dia, untuk registrasi IKD hanya baru terbatas di android saja. Namun untuk iPhone masih belum bisa.

Terkait fungsi dari IKD sendiri, Irma menjelaskan sama halnya dengan KTP elektronik biasa namun versinya digital. "Untuk sekarang memang belum berlaku. Tapi launching IKD akan segera dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan otomatis nanti langsung diberlakukan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+