Fenomena La Nina Terjadi Pekan Ini, BPBD Pekanbaru Imbau Warga Waspada

Selasa, 14 Februari 2023 - 22:20:48 WIB Cetak

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan BPBD Kota Pekanbaru Octavianus Nahuway.

Betuah Pekanbaru - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru, menghimbau warga setempat untuk waspada menghadapi potensi dampak dari La Nina.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiap-siagaan Octavianus Nahuway menyebutkan, La Nina merupakan fenomena alam dimana suhu muka laut di Samudera Pasifik bagian tengah turun hingga menjadi lebih dingin daripada biasanya.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kata dia, fenomena La Nina diperkirakan akan memicu terjadinya cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan di daerah Riau salah satunya Kota Pekanbaru tepatnya pada tanggal 11 hingga 17 Februari 2023.

"Untuk itu, kita menghimbau kepada semua elemen masyarakat Kota Pekanbaru harus bersiap menghadapi potensi dampak dari La Nina," ucapnya, Selasa (14/2/2023).

Khusus di Kota Pekanbaru, terang Octavianus, La Nina berpotensi menyebabkan bencana alam karena curah hujan, seperti longsor, banjir, dan angin puting beliung.

"Jadi, kami imbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap dampak potensi dari fenomena La Nina dan selalu memantau informasi terkini melalui website dan media sosial. Apabila mengalami bencana, hubungi Call Center kami di nomor 0811-76-51464," tutupnya.

Dilansir dari situs resmi BMKG, La Nina adalah fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum.

Fenomena La Nina biasanya ditandai dengan peningkatan intensitas hujan yang tingi. Hal tersebut dikarenakan adanya pendinginan suhu yang terjadi di Samudera Pasifik.

Dampak fenomena La Nina sendiri berpotensi mengurangi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum. Fenomena La Nina juga dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung dan sebagainya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+