Buka MTQ ke-55, Pj Walikota Pekanbaru Ajak Warga Amalkan Nilai Alquran

Selasa, 14 Februari 2023 - 12:19:28 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun dan Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, saat membuka MTQ ke-55 tingkat Kota Pekanbaru.

Betuah Pekanbaru - Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-55 tingkat Kota Pekanbaru, dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, bertempat di halaman Masjid Rhaudatus Sholihin, Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Kulim, Minggu (12/2/2023) malam.

Pada kesempatan itu, Muflihun menyampaikan bahwa ajang tahunan tersebut merupakan kebahagiaan bagi jajaran Pemko Pekabaru dan seluruh masyarakat Pekanbaru karena dapat bersilaturahmi dan bertatap muka dengan qori qariah, hafiz hafizah, alim ulama dan pecinta Alquran pada pembukaan MTQ Kota Pekanbaru ke-55 tahun 2023.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh kecamatan, yang terdiri dari 15 kecamatan di Pekanbaru ini, yang telah mempersiapkan kafilah terbaiknya untuk bersama mewujudkan tujuan mulia memuliakan Alquran di Kota Pekanbaru yang kita cintai ini," ucapnya.

"Sesuai dengan tema yang diangkat pada gelaran MTQ ke-55 tahun 2023 yaitu "Kita amalkan nilai-nilai Alqur'an sebagai sumber inspirasi pembangunan untuk mewujudkan Pekanbaru Kota Bertuah", maka kita berharap kita semua memberikan semangat kepada generasi muda untuk menjadikan Alquran sebagai pegangan dalam seluruh aktivitas kehidupan ini," harapnya menambahkan.

Penyelenggaraan MTQ ini bertujuan untuk memotivasi generasi muda dan masyarakat untuk mencintai, mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

"Untuk itu mari kita laksanakan MTQ ini dengan sebaik-baiknya, dengan tulus, ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT, sehingga pelaksanaan MTQ dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya.

Kepada kafilah dan peserta, Muflihun mengucapkan selamat bertanding serta  bisa menampilkan kemampuan terbaiknya, menjaga kekompakan serta menjaga sportivitas.

"Hari ini bukan hanya mencari juara, namun juga sebagai ajang silaturahmi. Jadikan ini sebagai wadah akhlak mulia, bagaimana bisa menjalin silaturahmi dengan baik dan bisa mensyiarkan agama di Kota yang kita cintai ini," terangnya.

Lanjut Muflihun, pada perhelatan MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2022 lalu melalui perwakilan peserta yang diutus ke Rohil, Pekanbaru hanya meraih prestasi kedua tingkat Provinsi Riau.

"Tentunya ini prestasi yang baik. Tapi alangkah lebih baiknya jika tahun ini Pemko Pekanbaru bisa meraih juara umum di tingkat Provinsi ke depannya," ucap dia.

Sementara itu Ketua Panitia MTQ ke-55 Syoffaizal menyampaikan pelaksanaan MTQ dilakukan selama 6 hari yakni mulai tanggal 12 - 17 Februari 2023 yang dipusatkan di Astaka utama halaman Masjid Rhaudatus Sholihin, Jalan Bukit Barisan, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru.

"Sebelum acara pembukaan telah dilakukan serangkaian kegiatan yaitu penyegaran dewan hakim, pelantikan dewan hakim serta pawai taaruf yang dilaksanakan Minggu (12/2/2023) pagi kemudian dilanjutkan dengan peresmian stand bazar dan UMKM, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan MTQ," ujar Syoffaizal.

Disampaikan Syoffaizal, total peserta yang ikut dalam MTQ tingkat Pekanbaru ke-55 ini adalah 563 yang berasal dari 15 Kecamatan. Nantinya juara umum berhak atas piala bergilir Walikota Pekanbaru. Adapun tahun lalu juara umum adalah Kecamatan Bukit Raya.

"Insya Allah untuk ceremonial penutupan MTQ akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2023 di tempat yang sama," ungkapnya.

Ajang Seleksi

Di tempat yang sama, Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy yang hadir saat acara pembukaan mengatakan pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kota Pekanbaru ke - 55 ini menjadi ajang seleksi para Qori, Qori’ah, Hafiz, dan Hafizah Kota Pekanbaru untuk dapat maju pada MTQ Tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan pada Juli 2023 mendatang.

"Kegiatan yang diadakan oleh pemerintah Kota Pekanbaru ini nantinya akan menjadi seleksi untuk ditingkat Provinsi, dan selanjutnya pada tingkat nasional," ujar Masrul Kasmy

Masrul Kasmy menjelaskan pada awalnya MTQ Tingkat Provinsi Riau direncanakan akan berlangsung pada bulan Maret 2023, namun harus diundur menjadi bulan Juli dikarenakan masalah teknis.

"Namun karena alasan teknis, pelaksanaan ini tidak bisa dijadwalkan cepat. Sehingga baru bisa dilaksanakan nanti pada bulan Juli dan Kabupaten Indragiri Hulu sebagai tuan rumah," paparnya.

Selain itu, Masrul juga menuturkan untuk penseleksian calon peserta MTQ Tingkat Nasional akan dilaksanakan di Provinsi Jambi pada akhir tahun 2023 mendatang. "Ini diperkirakan akan berlangsung pada bulan Oktober atau November pada tahun ini," tutupnya.***



Tulis Komentar +
Berita Terkait+