Panen Raya Cabai Rawit di Okura, Indra Pomi Berharap Bisa Tekan Inflasi

Ahad, 12 Maret 2023 - 21:07:06 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution, saat panen raya cabai rawit di lahan PT SPM di Tebing Tinggi Okura, Minggu (12/3/2023).

Betuah Pekanbaru - Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, mengikuti panen raya cabai rawit di lahan PT Sarana Pangan Madani (SPM) di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur, Minggu (12/3/2023).

Dari hasil panen tersebut, cabai rawit yang berhasil diproduksi PT SMP mencapai 10 ton.

Panen sekaligus penanaman bibit cabai baru sekitar 15 ribu batang itu turut dihadiri Walikota Pekanbaru periode 2021-2022 Firdaus MT, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Ingot Ahmad Hutasuhut, serta Kepala Distankan Muhammad Firdaus.

Usai panen, Indra Pomi Nasution menyampaikan jika PT SPM secara keseluruhan memiliki lahan pertanian seluas 10 hektare di Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Timur.

"Namun yang baru dilakukan penanaman cabai seluas dua hektare," ungkapnya.

Cabai yang berhasil diproduksi PT SPM, kata dia, nantinya akan langsung di jual ke pasar tradisional dalam Kota Pekanbaru.

"Harapan kita dengan adanya upaya penanaman seperti ini, itu bisa meningkatkan stok cabai rawit di pasar-pasar. Sehingga, ketergantungan cabai rawit berkurang dari daerah penghasil," ucapnya.

Sejauh ini, terang Indra, untuk cabai rawit yang didatangkan dari sejumlah daerah harganya tergolong tinggi karena terdampak biaya transportasi.

"Tapi kalau diproduksi di sini, harga cabai rawit bisa lebih murah. Petani lokal juga mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan sejahtera dari sebelumnya," ujarnya.

Di samping itu, ia juga berharap agar seluruh masyarakat, organisasi Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), camat dan lurah supaya bisa memanfaatkan lahan kosong sebagai tempat bercocok tanam.

"Inilah salah satu upaya kami dalam menekan inflasi. Kami sebagai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mendorong terus masyarakat bercocok tanam terutama komoditas pangan yang dibutuhkan seperti cabai, bawang, dan lainnya," ucap dia.

"Intinya, supaya kita dapat memberikan kontribusi komoditas pangan menjelang Ramadhan dan lebaran," tutup Indra menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+