Petang Megang di Pekanbaru, Ribuan Warga Padati Pinggiran Sungai Siak

Rabu, 22 Maret 2023 - 21:34:34 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, memandikan anak yatim pada kegiatan Petang Megang di pinggiran Sungai Siak, Rabu (22/3/2023).

Betuah Pekanbaru - Ribuan warga di Kota Pekanbaru, tumpah ruah memadati kawasan pinggiran Sungai Siak di Kecamatan Senapelan untuk mengikuti dan menghadiri kegiatan Petang Megang atau Mandi Balimau menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 H/2023 M, Rabu (22/3/2023) sore.

Petang Megang yang sudah menjadi tradisi di Kota Bertuah ini turut dihadiri secara langsung oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Forkopimda dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Usai kegiatan, Muflihun menyampaikan jika Petang Megang merupakan bentuk kegembiraan dan rasa syukur umat Islam khususnya di Ibukota Provinsi dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

Dikatakannya, tradisi Petang Megang juga menjadi ajang silaturahmi antar warga untuk kemudian saling bermaaf-maafan sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Warga Pekanbaru memadati kawasan pinggiran Sungai Siak pada kegiatan Petang Megang sambut Ramadhan 1444 H/2023 M. 

Kegiatan Petang Megang sendiri sudah tidak ada dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

"Setelah hampir 3 tahun kita tidak dapat berkumpul bersama, memeriahkan datangnya bulan suci Ramadhan sebagaimana tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19 melanda. Alhamdulillah, berkat rahmat Allah, tahun ini kita disatukan kembali dalam kebahagiaan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dalam kegiatan Petang Belimau," ucap Muflihun.

Ke depannya, lanjut dia, kegiatan Petang Megang menyambut bulan suci Ramadhan diharapkan bisa dijadikan sebagai iven nasional dengan menggelar berbagai atraksi yang lebih meriah.

"Karena itu saya yakin dengan tekad bulat kita bersama, iven ini akan menjadi iven nasional sehingga mengangkat nama kota kita ke kancah nasional yang tentunya akan berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan warga Kota Pekanbaru," ujarnya.

Ketua TP PKK Pekanbaru Raja Rilla Mustafa disaksikan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menyerahkan bantuan kepada anak yatim.

Pada kesempatan itu, Muflihun juga menyampaikan komitmennya untuk membawa Pekanbaru menjadi kota yang maju, sejahtera, serta kota yang layak dan nyaman yang didukung oleh birokrasi yang bersih dan melayani.

"Untuk itu, pemerintah kota akan terus melakukan pembenahan di berbagai bidang terutama yang berkaitan langsung dengan kebutuhan warga kota seperti masalah sampah, banjir, kerusakan infrastruktur, dan sebagainya," papar dia.

"Karena itu, izinkan kami untuk bermohon kepada bapak/ibu warga kota yang saya cintai untuk kita bersama-sama meningkatkan kepedulian terhadap kota kita. membangkitkan kembali kesadaran tentang pentingnya kebersihan, kenyamanan dan keharmonisan yang merupakan instrumen majunya sebuah kota," tutupnya menambahkan.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+