Ada Kasus di Kampar, Pekanbaru Masih Bebas Flu Burung

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:11:16 WIB Cetak

Kepala Distankan Pekanbaru M Firdaus

Betuah Pekanbaru - Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru, hingga kini belum ada menemukan unggas milik peternak maupun warga yang terjangkit flu burung.

"Alhamdulillah, Pekanbaru masih bebas dari flu burung. Belum ada laporan sama sekali," kata Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus, Rabu (29/3/2023).

Meski belum ditemukan kasus, kata dia, namun untuk antisipasi, warga maupun peternak tetap diimbau agar melakukan penyemprotan kandang. Jika nanti ditemukan kasus, pihaknya bakal melakukan penyemprotan disinfektan.

Disampaikan Firdaus, ada beberapa gejala yang dapat dilihat apakah ternak unggas atau ayam terjangkit flu burung. Di antaranya keluar liur dari hidung, pialnya membiru dan napsu makan menurun.

"Tapi untuk memastikan memang harus dilakukan rapid test," pungkasnya.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun memerintah OPD teknis bergerak cepat melakukan antisipasi pasca ditemukan kasus flu burung di Kabupaten Kampar.

Perintah itu menindaklanjuti laporan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau atas temuan adanya ratusan ayam yang mati mendadak di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar dan dipastikan terjangkit akibat flu burung. (***)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+