Pastikan Bebas Narkoba, Dishub Pekanbaru akan Tes Urine Sopir Bus PO

Ahad, 09 April 2023 - 21:43:57 WIB Cetak

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso

Betuah Pekanbaru - Jelang Idul Fitri 1444 H/2023 M, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan melakukan tes urine terhadap sopir bus dari Perusahaan Otobus (PO).

Tes urin dalam rangka memastikan para sopir bebas dari penyalahgunaan narkoba ini bakal dipusatkan di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (TBRPS).

Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso menyebutkan, pemeriksaan urine bagi sopir bus PO sesuai hasil rapat dengan Forum Lalu Lintas.

"Para sopir sangat berperan penting dalam membawa penumpang dan barang. Hasil rapat kami dengan beberapa stakeholder, kami akan menggelar tes urine dalam rangka memastikan para pengemudi bebas dari narkoba," ungkapnya, Minggu (9/4/2023).

Jika terjadi human error akibat narkoba, kata dia, maka sopir akan membahayakan penumpang. Oleh sebab itu, Dishub bersama Badan Nasional Narkotika (BNN) akan menggelar tes urine.

"Kami gelar tes urine di Terminal BRPS. Karena, angkutan orang harus terkonsentrasi di Terminal BRPS," ucapnya.

Sebelumnya, Yuliarso juga menyatakan jika angkutan lebaran mesti menjalani uji kendaraan bermotor atau KIR. Bagi kendaraan yang tidak melalui uji KIR, nantinya tidak dibenarkan jadi angkutan lebaran karena bisa membahayakan keselamatan penumpang.

"Kalau tidak punya dokumen uji KIR tentu tidak boleh jalan. Artinya, kendaraan itu tidak layak jalan," tegas dia.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+