Ratusan CJH Pekanbaru Belum Kunjung Divaksin Meningitis

Kamis, 27 April 2023 - 20:18:06 WIB Cetak

Salah seorang CJH Kota Pekanbaru tengah menjalani vaksinasi meningitis pada pertengahan April kemarin.

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 421 orang dari total 970 Calon Jemaah Haji (CJH) Kota Pekanbaru, hingga kini belum kunjung divaksin meningitis.

Pemberian vaksin meningitis sendiri merupakan upaya perlindungan kesehatan para CJH guna mencegah dari penyakit menular selama melaksanakan ibadah haji di Arab Saudi.

"Vaksinasi terhadap CJH itu hanya ditunda hingga waktu keberangkatan. Artinya, CJH itu harus menjalani vaksinasi meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci Makkah," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (27/4/2023).

Disampaikannya, penyuntikan vaksin meningitis kepada CJH sudah harus tuntas paling lambat H-14 sebelum keberangkatan.

"Artinya, kalau tidak menjalani vaksinasi hingga batas waktu yang ditentukan, CJH ini tidak boleh berangkat ke Tanah Suci," tegas dia.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya menuntaskan vaksinasi terhadap para CJH. Beberapa CJH di antaranya masih belum dapat menjalani vaksinasi karena kendala kesehatan.

"Jadi yang sudah divaksin meningitis berjumlah sebanyak 549 orang," tutupnya.

Sesuai jadwal, 970 CJH asal Kota Pekanbaru akan dibagi dalam beberapa kelompok terbang (kloter). Untuk kloter pertama akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi pada pekan keempat Mei mendatang.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+