Tim Setjen Wantannas RI Sambangi Kesbangpol Pekanbaru

Senin, 08 Mei 2023 - 17:31:04 WIB Cetak

Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Syoffaizal, menyerahkan cinderamata kepada Kolonel Tek Dr D.B.O Siagian selaku pimpinan tim Setjen Wantannas RI.

Betuah Pekanbaru - Tim Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas) RI, menyambangi kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, Senin (8/5/2023).

Kedatangan tim Setjen Wantannas RI di antaranya Kolonel Adm Agus Basuki ST MM, Kolonel Tek Dr D.B.O Siagian SE M.Si Han, Kolonel Laut (T) Eko Erys H ST MM CHRMP, Kolonel Laut (KH) Fenny Akwan SH MH, Kolonel Lek Bambang Suyanto dan Dr Sumantri S.Pd M.Si, disambut secara langsung oleh Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Drs H Syoffaizal M.Si dan jajaran.

Disampaikan Syoffaizal, kehadiran tim Setjen Wantannas RI ke Kesbangpol Kota Pekanbaru bertujuan untuk melakukan pengumpulan data kedeputian politik dan strategi Wantannas RI dalam hal kerawanan keamanan Pemilu 2024.

"Sehubungan dengan itu, maka tim Setjen Wantannas RI berkunjung ke Kesbangpol Kota Pekanbaru dalam rangka pengumpulan data dan informasi yang diperlukan untuk menyusun kebijakan kerawanan keamanan dalam rangka Pemilu 2024 mendatang," ungkapnya.

Adapun data dan informasi yang diperlukan tim Setjen Wantannas di antaranya terkait prediksi potensi kerawanan pada pelaksanaan Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak tahun 2024.

Kemudian apa saja kerawanan yang potensial menimbulkan konflik antar pendukung, bagaimana antisipasi Kesbangpol untuk menjaga Pemilu 2024 yang aman dan damai, serta seperti apa kerjasama Kesbangpol dengan instansi terkait penyelenggaraan Pemilu 2024.

Selanjutnya, tim Setjen Wantannas juga menggali isu lain terkait Pemilu 2024 yang dianggap penting dan krusial, juga termasuk soal pemetaan potensi SARA, potensi polarisasi politik/politik identitas, potensi konflik antar pendukung, intimidasi terhadap peserta dan penyelenggara pemilu, serta daerah yang potensi konfliknya paling tinggi.

"Jadi tadi sudah kita jelaskan kepada tim Setjen Wantannas berbagai informasi yang dibutuhkan tersebut. Kita harapkan semoga bisa menjadi pertimbangan dalam rangka menyusun kebijakan kerawanan keamanan dalam rangka Pemilu 2024," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+