Hubungkan Dua Jalur Tol, Pemko Pekanbaru Bertugas Bebaskan 921 Persil Tanah

Selasa, 16 Mei 2023 - 21:47:19 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, mendapat tugas membebaskan sebanyak 921 persil atau bidang tanah untuk pembangunan jalur tol yang akan menghungkan Tol Pekanbaru-Dumai dan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Kami akan membebaskan tanah sebanyak 921 persil. Pengukuran tanah sudah selesai dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, usai rapat bersama Deputi I Kantor Staf Presiden (KSP) Darmawan Prasojo, Kementerian PUPR dan Pemprov Riau, bertempat di Auditorium Menara Lancang Kuning kantor Gubernur Riau, Selasa (16/5/2023).

Disampaikannya, panjang jalur tol yang akan dibangun tersebut sekitar 13,5 kilometer. Ada beberapa kelurahan di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Barat yang nantinya dilintasi jalur tol di antaranya Kelurahan Sri Meranti, Agrowisata, Rumbai Bukit, Palas, dan Muara Fajar Timur.

Saat ini, terang Indra, ratusan persil tanah itu sudah dinilai oleh appraisal atau tim independen penilai harga tanah.

Pemerintah kota, lanjut dia, tinggal melakukan musyawarah dengan para pemilik tanah. Proses musyawarah sendiri ditargetkan selesai di akhir Mei mengingat awal Juni nanti mendatang, pembangunan jalan sudah dimulai oleh PT Hutama Karya (HK).

"Jadi semua harus cepat," ujarnya.

Oleh Pemerintah Pusat, pada triwulan pertama 2024 mendatang jalan tol dari Pekanbaru harus sudah sampai ke Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+