Pemko Pekanbaru Berencana Kembali Alokasikan Beasiswa di APBD Perubahan

Jumat, 26 Mei 2023 - 21:30:03 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, berencana untuk kembali mengalokasikan bantuan beasiswa di APBD Perubahan 2023.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun menyebutkan, bantuan beasiswa tahap kedua ini akan dikhususkan bagi mahasiswa yang telah lulus seleksi administrasi namun tidak terakomodir pada penyaluran beasiswa tahap pertama.

Yang mana untuk bantuan beasiswa tahap pertama hanya memberikan kuota sebanyak 400 mahasiswa dengan anggaran sebesar Rp2 miliar.

"Dari awal kemarin kita sudah siapkan kuota untuk 400 mahasiswa, dan tentu ini kita seleksi mana yang patut dan mana yang tidak," ucapnya, Jumat (26/5/2023).

Namun dari hasil seleksi administrasi, terdapat sebanyak 615 mahasis yang memenuhi syarat. Akibatnya, pemerintah kota terpaksa melakukan sistem perengkingan.

"Jadi berapapun yang lolos (seleksi administrasi) akan kita tampung dan sisanya akan kita coba berikan di APBD Perubahan 2023. Sehingga tidak ada kekecewaan dari masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, terdapat sebanyak 1.200 mahasiswa yang mendaftar melalui website beasiswa.pekanbaru.go.id untuk mendapatkan bantuan beasiswa dari pemerintah kota.

Dari 1.200 pendaftar, hanya 615 di antaranya yang dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi. Ratusan mahasiswa yang memenuhi syarat itu terdiri dari 575 mahasiswa dari jenjang pendidikan S1 dan 40 lainnya dari Diploma Tiga (D3).

Mengingat jumlah pendaftar melebihi kuota beasiswa yang hanya diperuntukan bagi 400 orang, maka tim bakal memberlakukan sistem peringkat terhadap pendaftar yang memenuhi syarat.

Seperti diketahui, di 2023 ini Pemko Pekanbaru di bawah Kepemimpinan Muflihun kembali mengalokasikan bantuan beasiswa sebesar Rp2 miliar bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan mahasiswa berprestasi.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+