Distankan Pekanbaru: Hewan Kurban Mesti Dilengkapi Dokumen Kesehatan

Rabu, 07 Juni 2023 - 22:58:11 WIB Cetak

Ilustrasi hewan kurban (foto/ist)

Betuah Pekanbaru - Jelang Idul Adha 1444 H/2023 M, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru terus melakukan pengawasan terhadap hewan kurban.

Khusus untuk yang didatangkan dari luar daerah, hewan kurban tersebut mesti dilengkapi dokumen kesehatan.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru Muhammad Firdaus menyebutkan, dokumen kesehatan diperlukan guna memastikan hewan kurban bersangkutan layak dikonsumsi dan tidak terjangkit berbagai penyakit seperti penyakit Septicemia epizootica (SE) atau ngorok, serta Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Untuk itu, kata dia, saat ini pihaknya telah menurunkan tim yang bertugas melakukan pemeriksaan administrasi atau dokumen pengangkutan hewan kurban.

"Tidak cuma memeriksa secara administrasi hewan kurban saja, tapi juga dari segi klinis. Ini penekanan kita terhadap pemeriksaan hewan kurban jelang Idul Adha," ucapnya, Rabu (7/6/2023).

Dari hasil pengawasan tim di lapangan, terang dia, hingga kini belum ada ditemukan hewan kurban baik sapi maupun kerbau yang terjangkit penyakit menular seperti PMK dan ngorok.

"Sampai saat ini belum ada kasus PMK di Pekanbaru," ungkapnya.

Di samping itu terkait kebutuhan hewan kurban di Idul Adha tahun ini, Distankan Kota Pekanbaru memperkirakan ada kenaikan sekitar 15 persen dibandingkan Idul Adha 1443 H/2022 M lalu.

"Idul Adha tahun lalu, kebutuhan hewan kurban sebanyak 8.300 ekor. Sementara tahun ini estimasinya mencapai 9.500 ekor, ada kenaikan sekitar 15 persen," tutup Firdaus.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+