Sampah yang Dibuang ke TPA Muara Fajar 2 Capai 243 Ribu Ton per Tahun

Jumat, 09 Juni 2023 - 22:47:57 WIB Cetak

TPA Muara Fajar 2 di Kelurahan Muara Fajar Timur, Kecamatan Rumbai. (foto/ist)

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru mencatat, sampah yang dibuang ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) Muara Fajar 2 mencapai 243.301,71 ton per tahun.

"Jadi, per tahunnya sampah masuk ke TPA Muara Fajar 2 sebanyak 243.301,71 ton," ungkap Kepala Dinas LHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, Jumat (9/6/2023).

Ia menyampaikan, TPA Muara Fajar 2 di Jalan Lele, Kelurahan Muara Fajar Timur, Kecamatan Rumbai, telah mulai dioperasikan sejak Januari 2019 lalu.

TPA dengan luas lahan sekitar 5 hektare ini dioperasikan lantaran TPA Muara Fajar 1 tak mampu lagi menampung volume sampah yang dihasilkan setiap hari oleh warga di Ibukota Provinsi Riau.

Di lokasi TPA Muara Fajar 2 juga terdapat lahan landfill atau tempat khusus yang dibuat untuk penampungan sampah dan limbah seluas 30.000 meter persegi.

Kemudian ada juga dua sumur pantau, Instalasi Pengolahan Air Lindi (IPAL) berupa kolam pengendapan dan proses biologi serta proses kimia masih berfungsi dengan baik dan terawat. Uji Lindi dilakukan sekali setahun.

"Untuk pencatatan otomatis komputerisasi (aplikasi khusus TPA) dan juga jembatan timbang, berfungsi dengan baik," pungkas Hendra.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+