Ribuan Warga di Pekanbaru Ramaikan Pawai Obor Idul Adha 1444 Hijriyah

Rabu, 28 Juni 2023 - 23:30:08 WIB Cetak

Warga Pekanbaru dari berbagai kalangan saat meramaikan Pawai Obor Idul Adha 1444 H/2023 M, Rabu (28/6/2023) malam.

Betuah Pekanbaru - Ribuan warga di Ibukota Provinsi Riau, Rabu (28/6/2023) malam turut serta meramaikan Pawai Obor menyambut Idul Adha 1444 Hijriyah yang ditaja Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Pada kegiatan yang dipusatkan di Jalan Gajah Mada ini, peserta pawai yang terdiri dari berbagai kalangan mulai anak-anak, pemuda, bahkan orang tua, masing-masing tampak membawa obor dan berjalan secara tertib mengikuti rute yang sudah ditetapkan.

Selain ribuan warga, Pawai Obor turut dihadiri secara langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP, Forkopimda, serta pejabat di lingkup pemerintah kota setempat.

"Alhamdulillah, malam ini kita melakukan pawai Idul Adha 1444 Hijriyah," ucap Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

Ia menyampaikan, pada Pawai Obor tersebut masing-masing kecamatan diminta untuk membawa 1 mobil hias dan 100 orang membawa obor. Di awal sudah disepakati.

"Kita memang tidak mau terlalu ramai karena inikan ada api ya. Makanya kita batasi cuma 100 per kecamatan. Kita memang ingin memeriahkan Hari Raya Idul Adha ini," ujarnya.

Dikatakan Muflihun, Pawai Obor yang ditaja Pemko Pekanbaru tersebut juga sebagai syiar agama dan tentunya menjaga tali silaturahmi.

"Kita upayakan Pekanbaru ini terus bersama-sama dengan masyarakat. Kita ingin mengembalikan Pekanbaru seperti dulu lagi. Jiwa gotong royong, kebersamaan semoga ini harapan kita ke depan. Bersempena hari ini, Pekanbaru bisa semakin kompak dan semakin dekat antara pemerintah dan masyarakatnya," harapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setdako Pekanbaru Tri Sepna Saputra mengatakan untuk acara pawai takbir idul adha secara keseluruhan berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan.

"Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi, bahkan ada kecamatan yang melebihi dari apa yang kita rencanakan. Contoh disuruh 1 bawa mobil hias, rupanya ada yang bawa 2 bahkan ada yang bawa 3," ujar Putra sapaan akrabnya.

Kemudian juga untuk peserta, dari perencanaan masing-masing camat diminta membawa warganya 100 orang tapi ternyata melebihi. Bahkan untuk Pekanbaru kota saja sampai 187 pesertanya.

"Alhamdulillah kita sangat bersyukur, Antusias dari pihak kecamatan untuk membawa warganya sangat tinggi. Semuanya rata-rata lebih dari 100 lah. Makanya untuk total yang hadir sekitar 2.000 an itu," terangnya.

Selama berjalannya pawai tidak ada insiden ataupun kendala yang mengkhawatirkan.

"Berjalan tertib lancar aman tanpa ada kendala apapun yang kita khawatirkan. Alhamdulillah aman semuanya dan lancar serta bubar dengan tertib," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+