JKPB Dilaunching, Warga Pekanbaru Bisa Berobat Gratis Hanya dengan KTP

Jumat, 28 Juli 2023 - 19:51:17 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, saat me-launcing Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah melalui program UHC.

Betuah Pekanbaru - Warga di Ibukota Provinsi Riau, kini sudah bisa berobat secara gratis di puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan hanya dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Hal itu ditandai dengan dilaunching-nya Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB) melalui program Universal Health Coverage (UHC) oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Jumat (28/7/2023).

Launcing JKPB yang dipusatkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani ini turut disaksikan oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan pusat Mahlil Ruby dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pekanbaru.

Usai kegiatan, Muflihun menyampaikan jika JKPB merupakan salah satu upaya pemerintah kota guna memberikan jaminan kesehatan kepada warga di Kota Bertuah.

Dalam program ini, kata dia, ada 144 penyakit yang dilayani. Hanya saja, tidak semuanya digratiskan.

Untuk itu, Muflihun memerintahkan ke Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Masykur Tarmizi gar segera menyusun buku panduan JKPB.

"Kepada Asisten I, susun buku panduan, pedomannya, sejauh mana gratisnya ini, berapa layanan yang digratiskan. Jangan nanti salah persepsi yang diterima masyarakat," ucapnya.

"Kalau gratis, apanya yang gratis. Dimana gratisnya. Apa saja layanan yang bisa diakses hanya dengan KTP ini. Untuk itu buat semacam buku panduan," pintanya menambahkan.

Setelah buku panduan disusun, lanjut Muflihun, program dan layanan yang ditanggung dalam JKPB mesti disosialisasikan secara masif di tengah-tengah masyarakat.

"Sehingga Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," harapnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+