Antisipasi Rabies, Distankan Pekanbaru Sudah Vaksinasi 1.000 Hewan Peliharaan

Jumat, 28 Juli 2023 - 21:39:27 WIB Cetak

Kepala Distankan Pekanbaru M Firdaus

Betuah Pekanbaru - Sepanjang 2023 ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mengaku telah menyuntikan vaksin anti rabies ke 1.000 hewan peliharaan warga seperti kucing, anjing dan kera.

Kepala Distankan Kota Pekanbaru M Firdaus menyebutkan, vaksinasi yang dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi virus rabies terhadap hewan peliharaan warga.

"Jadi kepada warga yang hewan peliharaannya belum sempat disuntik vaksin oleh petugas, bisa membawanya ke kantor Distankan Pekanbaru. Vaksinasi rabies gratis, tanpa dipungut biaya," ujarnya, Jumat (28/7/2023).

Sementara bagi warga yang digigit hewan peliharaan dan dikhawatirkan terjangkit rabies, mereka bisa mendapatkan vaksinasi di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) setempat.

"Seperti kemarin memang sempat ada warga kita yang digigit oleh anjing rabies, namun sudah langsung ditangani dengan diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR). Insyaallah aman," ucap Firdaus.

Terkait adanya warga di Kabupaten Indragiri Hilir yang meninggal akibat rabies, ia mengaku sudah mendapatkan laporan. Untuk itu, pihaknya terus mengantisipasi agar tidak ada hewan peliharaan di Kota Pekanbaru yang terjangkit rabies.

"Memang kita ada dapat laporan terkait hal tersebut. Tapi dapat kami sampaikan hingga saat ini tidak ada warga Pekanbaru yang positif rabies pasca gigitan hewan penular rabies," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+