Komisi IV DPRD Pekanbaru Hearing DLHK Bahas Masalah Sampah Hingga THL

Selasa, 11 Juli 2023 - 16:11:23 WIB Cetak

Komisi I DPRD Pekanbaru saat hearing bersama DLHK bahas persoalan sampah hingga THL.

Betuah Pekanbaru - Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, menggelar rapat dengar pendapat atau hearing bersama Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) setempat untuk membahas persoalan sampah hingga tenaga harian lepas (THL), Selasa (11/7/2023).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru Nurul Ikhsan didampingi Sekretaris Komisi IV Rois serta anggota lainnya Hj Masni Ernawati, Mulyadi, Robin Eduar dan Wan Agusti.

Kemudian dari DLHK dihadiri Kepala Dinas Hendra Afriadi, Sekretaris Reza Pahlevi dan Kepala Bidang hingga tiga orang THL.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Peka Nurul Ikhsan menyampaikan bahwa pihaknya memanggil DLHK Kota Pekanbaru agar penanganan sampah di Kota Pekanbaru bisa lebih maksimal.

"Kita panggil mereka (DLHK) tujuannya untuk lebih maksimal lagi mereka bekerja, dan juga dapat melakukan pressure kepada pihak ketiga," ucap Nurul usai rapat. 

Meski menunjukan trend membaik, kata dia, namun Komisi IV tetap memberikan catatan agar DLHK tidak lengah dan tetap fokus dalam menciptakan Pekanbaru bersih dari sampah hingga juga penataan TPS.

Penekanannya kepada pengawasan pengangkutan sampah harus continue dilakukan di lapangan. Begitu juga penindakan hukum yang tegas, diminta tidak cuma teguran saja. Karena kebiasaan masyarakat yang perlu terus menerus diingatkan dengan nyata. 

"Kita ingin Kota Pekanbaru ini bersih dari sampah. Jika tidak dikelola dengan baik, tentu akan merembet ke masalah yang lain. Kita tidak mau ini yang terjadi," tegasnya.

Kemudian untuk penegakan hukum dari Gakkum DLHK harus benar-benar serius dan tegas. "Lakukan pengawasan dari pagi hingga malam, mengingat jam buang sampah sudah diatur sesuai Perwako," pintanya.

Sementara itu, Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi menegaskan bahwa apapun arahan yang diberikan oleh DPRD pihaknya akan menjalankannya. Dengan tegas dia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.atas masukan Komisi IV DPRD terkait pengelolaan sampah di Kota Pekanbaru ini. 

"Kami ini mitra, dan tadi memang ditanyakan soal pelaksanaan di lapangan selama 6 bulan pihak ketiga. Termasuk juga koreksi kepada kinerja para staf, sampai ke pengawas dan mandor di lapangan, kita sudah sampaikan progresnya," ujar dia.

Hendra menambahkan, dengan adanya evaluasi kinerja ini tersebut pihaknya akan melakukan perbaikan ke depan. Tentunya mana yang kurang akan diperbaiki.

Untuk saat ini jumlah THL kita, 562 orang yang terdiri dari penyapu jalan, buruh angkut, supir armada, dan lainnya. Mereka bekerja dua shif, pagi sampai siang dan siang sampai sore, ini kita maksimalkan, " paparnya. (Galeri)



Tulis Komentar +
Berita Terkait+