Pasar Bawah Direnovasi, Pedagang Direlokasi ke TPS di Pelabuhan Pelindo

Senin, 21 Agustus 2023 - 23:58:33 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin

Betuah Pekanbaru - PT Ali Akbar Sejahtera (AAS) selaku pengelola Pasar Bawah, telah memulai membangun tempat penampungan sementara (TPS) bagi pedagang di pasar wisata Pekanbaru itu di lokasi eks Pelabuhan Pelindo.

Relokasi terhadap pedagang dilakukan lantaran pengelola ingin merenovasi pasar milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tersebut.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru Zulhelmi Arifin menyebutkan, sejak dimulai pertengahan Agustus kemarin, hingga kini sudah ada sekitar 100 kios TPS yang selesai dibangun di eks Pelabuhan Pelindo.

"TPS ini akan dibangun sekitar 300 kios. Mudah-mudahan, pembangunan TPS selesai dalam waktu 2 sampai 3 bulan," harapnya.

Sementara terkait besaran biaya renovasi Pasar Bawah, Ami, sapaan akrabnya, enggan membeberkan meskipun ia mengaku telah mendapatkan angkanya.

Seperti diketahui, Pemko Pekanbaru sudah menyerahkan pengelolaan Pasar Bawah kepada PT AAS melalui Kerjasama Pemanfaatan atau KSP selama 30 tahun.

Dalam kerjasama yang ditandatangani pada 12 April 2023 ini, Pemko Pekanbaru akan menerima kontribusi sebesar Rp677 juta pada tahun pertama. Nilai kontribusi sendiri naik 3 persen setiap tahun hingga masa kontrak 30 tahun.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+