Ribuan Warga Pekanbaru Sudah Nikmati Berobat Gratis dengan KTP

Selasa, 22 Agustus 2023 - 19:23:51 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, menyapa salah seorang pasien RSD Madani pada launching program JKPB, Jumat (28/7/2023) lalu.

Betuah Pekanbaru - Terhitung sejak diterapkan pada 28 Juli lalu, hingga kini sudah tercatat sebanyak 1.300 warga di Kota Pekanbaru yang menikmati berobat gratis melalui program Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah (JKPB).

Yang mana dalam program JKPB, warga di Kota Bertuah bisa mengakses pelayanan kesehatan secara gratis di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan hanya dengan menunjukan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Jadi dari data kita, sudah ada 1.300 orang yang sudah memanfaatkan program ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (22/8/2023).

Ia mengatakan, untuk warga yang bisa mengakses JKPB harus dipastikan dengan KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) aktif atau online.

"Pelayanan kesehatan dimulai dari tingkatan puskesmas. Ada 21 puskesmas yang tersebar di Pekanbaru. Jika butuh rujukan, maka warga dirujuk ke rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan," ucapnya.

Disampaikan Zaini, sejauh ini pelaksanaan JKPB belum ada kendala.

"Sampai saat ini belum ada yang melapor seperti tidak dilayani dan lain sebagainya," tutup dokter Bob, sapaan akrabnya.

Seperti diketahui, program JKPB telah dilaunching secara resmi oleh Pj Walikota Pekanbaru Muflihun pada 28 Juli lalu. Program ini bertujuan untuk memastikan warga di Ibukota Provinsi Riau bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara muda dan gratis.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+