Inflasi Berhasil Ditekan, Pekanbaru Deflasi 0,04 Persen di Agustus 2023

Jumat, 01 September 2023 - 22:39:07 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution saat Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023, Kamis (31/8/2023).

Betuah Pekanbaru - Berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk menekan laju inflasi, mulai membuahkan hasil. Terbukti untuk periode Agustus 2023, Kota Bertuah mengalami deflasi 0,04 persen.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, deflasi 0,04 persen itu diketahui dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 dengan tema “Memperkuat Sinergi dan Inovasi Untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional Yang Berkelanjutan" secara daring yang dipimpin secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, Kamis (31/8/2023).

"Jadi berdasarkan rakorna kemarin, untuk Month to Month (bulan ke bulan), di Agustus kita deflasi 0,04 persen. Tentu ini sangat bagus," ucapnya, Jumat (1/9/2023).

Sementara untuk Years to years, kata Indra, inflasi di Pekanbaru berada di angka 3,06 persen atau masih berada dalam koridor yang ditargetkan Pemerintah Pusat.

"Pemerintah Pusat itu menargetkan inflasi sebesar 3 plus minus 1, jadi bisa 2 sampai 4. Itu koridornya. Kalau kita di angka 3,06, artinya benar-benar di tengah sesuai dengan yang diharapkan Pemerintah Pusat," ungkap Indra.

Agar inflasi bisa terus terkendali, Pemko Pekanbaru akan selalu melakukan pengawasan ketersediaan barang di distributor, serta memantau harga di pasar.

Selain itu, Pemko Pekanbaru juga akan melakukan intervensi pasar jika terdapat kecenderungan kenaikan harga.

"Kemudian juga kita lakukan koordinasi dengan satgas pangan yang ada di Polresta, jika ada distributor yang menutup gudangnya, menyimpan, menimbun dan lain-lain," pungkas Indra.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+