Minta Kepala DLHK Serius Atasi Sampah, Pj Walikota Pekanbaru: Profesional Saja

Senin, 04 September 2023 - 20:16:50 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, meminta agar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Hendra Apriadi agar serius mengatasi tumpukan sampah yang kembali terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

"Kita minta hari ini profesional saja," ujarnya, Senin (4/9/2023).

Sebagai pejabat yang memilki kewenangan penuh di instansi yang ia pimpin, kata Muflihun, Kepala DLHK mesti bisa mencarikan solusi dari setiap persoalan yang terjadi.

"Ketika TPA (tempat penampungan akhir) penuh, ya cari solusinya. (Kalau butuh peralatan) anggarkan di APBD, kita kan tidak minta duit pribadi. Jadi tolong dipikirkan, direncanakan, dan carikan solusi," ucapnya.

Kemudian ketika anggaran yang dibutuhkan cukup besar sehingga tak bisa diakomodir di APBD, lanjut Muflihun, DLHK mesti berkoordinasi dengan kepala daerah.

"Kalau nggak bisa (dialokasikan di APBD), dilaporkan. Kita bisa minta ke provinsi, kita minta ke pusat. tahapan-tahapannya ada semua," tegasnya.

"Jadi ketika kita dipercaya menjabat kepala OPD, kita punya tanggung jawab untuk mencari, menyiapkan, merencanakan segala sesuatunya di OPD tersebut. Itu yang sama-sama harus kita garis bawahi," ulas Muflihun.

Untuk itu, ia mengingatkan ke DLHK selaku OPD teknis agar lebih serius dalam mengangani persoalan persampahan.

"Kami minta kepada DLHK sendiri tolong ini lebih diseriuskan, baik itu internal sendiri ataupun masyarakat luas. Bersama-sama kita kolaborasi, kalau kita ingin Pekanbaru ini bersih kedepannya," tutup Muflihun.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+