Pelaku UMKM yang akan Tempati Sentra UMKM Pekanbaru Bakal Diseleksi

Senin, 11 September 2023 - 22:07:33 WIB Cetak

Kepala Diskop dan UMKM Pekanbaru Sarbaini

Betuah Pekanbaru - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang nantinya akan menempati Sentra UMKM di Jalan Arifin Ahmad, bakal diseleksi terlebih dahulu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru Sarbaini menyebutkan, seleksi perlu dilakukan mengingat banyaknya pelaku UMKM di Kota Bertuah. Dalam seleksi nanti, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perindag dan Dinas Pariwisata setempat.

"Karena pelaku UMKM ini kan ada yang di bawah (binaan) kita, Disperindag dan Pariwisata. Jadi akan kita koordinasikan dulu," ungkapnya, Senin (11/9/2023).

Ia menyampaikan, untuk saat ini pihaknya masih menunggu proses renovasi gedung yang akan jadi Sentra UMKM oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

"Sekarang kan gedungnya masih direnovasi. Kalau sudah selesai renovasi, baru kita lakukan pendataan bersama Disperindag dan Pariwisata," ucapnya.

Berdasarkan pendataan nanti, lanjut Sarbaini, baru akan ditetapkan jumlah pelaku UMKM dengan menyesuaikan dengan kuota atau tempat yang tersedia di Sentra UMKM.

"Berapa yang di (bawah binaan) Dinas Koperasi, Disperindag dan Pariwisata, itu yang akan kita bagi nanti sesuai kuota. Kalau sekarang belum (ditetapkan), karena gedungnya baru direnovasi," tutupnya.

Seperti diketahui, Dinas PUPR Kota Pekanbaru sudah mulai merenovasi eks kantor Wakil Walikota di Jalan Arifin Ahmad sebagai Sentra UMKM. Renovasi dengan anggaran sebesar Rp4 miliar ditargetkan tuntas pada Desember mendatang.

Sebelumnya, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun S.STP M.AP menargetkan sentra UMKM tersebut sudah dilaunching akhir Desember 2023.

"Akhir Desember, Pemko Pekanbaru akan melaunching pusat UMKM Kota Pekanbaru di Jalan Arifin Ahmad. Itu kantor wawako lama kita desain menjadi pusat UMKM," ungkapnya.

Dengan adanya sentra UMKM, nantinya produk yang dihasilkan pelaku UMKM bisa dipasarkan di sana sehingga bagi warga yang berkunjung ke Kota Bertuah bisa bebelanja oleh-oleh khas Ibukota Provinsi Riau.

"Kalau mungkin hari ini masyarakat hanya berjualan dengan online saja karena masih belum ada tempat, nah besok itu kita siapkan tempatnya di pusat UMKM tersebut. Silahkan titip produk nya disana," ujarnya.

Agar produk UMKM bisa dipromosikan, nantinya Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata akan diminta agar setiap mobil maupun bus wisata untuk singgah belanja di sentra UMKM.

"Kemudian untuk hotel, tamunya juga kita imbau untuk belanja di pusat UMKM tersebut. Minimal ini usaha pemerintah untuk membantu mendorong UMKM di Pekanbaru," pungkasnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+