Diisi Berbagai Lomba dan Kegiatan, Pekanbaru Maulid Festival 2023 Dihelat Awal Oktober

Senin, 18 September 2023 - 13:15:07 WIB Cetak

Asisten I Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi

Betuah Pekanbaru - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2023 dengan tema "Pekanbaru Maulid Festival 2023", akan dihelat Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di awal Oktober mendatang.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi menyebutkan, puncak perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini sengaja dikemas secara berbeda oleh pemerintah kota setempat.

"Tujuannya adalah bagaimana masyarakat Pekanbaru khususnya generasi muda dapat berpartisipasi dalam meneladani sosok Rasulullah SAW dengan kegiatan yang dapat menarik atensi mereka namun tidak meninggalkan makna dari Maulid itu sendiri," ujarnya, Senin (18/9/2023).

Dikatakan Masykur, menanamkan gema dan makna Maulid itu sendiri di zaman sekarang memiliki tantangan berbeda kepada generasi muda, maka harus ada kegiatan yang selaras untuk dapat mengedukasi generasi muda melalui kegiatan kolaborasi yang dapat menarik partisipasi mereka.

"Salah satunya adalah Pekanbaru Maulid Festival ini," ucapnya,

Menurut dia, Pekanbaru Maulid Festival tak hanya bermanfaat bagi generasi muda. Akan tetapi kegiatan tersebut juga sebagai dukungan kepada para pengusaha dan pelaku usaha.

“Selain diisi dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, helatan ini dapat mendukung dan mendorong perkembangan industri kreatif dan para pengusaha Kota Pekanbaru untuk berkembang dan maju di daerah Riau. Apalagi Riau dan Pekanbaru sendiri sudah menjadi destinasi Halal Tourism," terang Masykur.

Lebih jauh disampaikannya, kolaborasi  akan diisi dengan perlombaan bernuansa islami mulai dari story telling keteladanan Nabi Muhammad SAW bagi pelajar, lomba muslim Fashion Show Syar’i, lomba rebana, lomba mars BKMT, cerdas cermat sejarah nabi, barzanji, nasyid, hadroh, marawis santri, shiroh nabawiyah dan lainnya.

Tak hanya itu, akan ada tabligh akbar ustadz nasional dan penampilan artis religi ibukota, Halal Expo, gerak jalan dan Devile Permata BKMT se Kota Pekanbaru, dan konvoi Shalawat Nabi.

Pekanbaru Maulid Festival 2023 sendiri adalah helatan perdana. Pelaksanannya sendiri jika tidak ada halangan yang berarti akan dihelat mulai tanggal 4-8 Oktober 2023 di Living World Mal dan puncaknya 11 Oktober 2023 yang ditandai dengan pelepasan devile ribuan Permata BKMT start dari jalan Gajah Mada dan Finish di MPP Kota Pekanbaru.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+