Rawan Banjir, Pemko Pekanbaru Minta Tiga OPD Siaga Hadapi Musim Hujan

Jumat, 27 Oktober 2023 - 22:22:54 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meminta tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk siaga menghadapi musim hujan yang rawan terjadinya banjir sesaat.

Ketiga OPD dimaksud di antaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Sosial, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Dari PUPR nanti bisa melancarkan jalannya air di saluran-saluran. Kemudian kalau ada genangan-genangan, bisa ditangani dengan cepat," kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (27/10/2023).

Kemudian untuk BPBD dan Dinas Sosial, terang Indra, kedua OPD itu mesti bergerak cepat melakukan penanganan dan penyaluran bantuan kepada warga terdampak banjir.

"Nantinya BPBD dan Dinas Sosial bisa melakukan atau memberikan bantuan-bantuan ke masyarakat. Peralatan juga harus disiagakan," pinta dia.

Indra menyampaikan, sejauh ini pemerintah kota setempat bersama stakeholder sudah melakukan berbagai langkah antisipasi menghadapi musim penghujan.

Dalam penanganan di lapangan, Pemko Pekanbaru akan bekerjasama dengan TNI, Polri, dan juga Basarnas.

Seperti diketahui, Kota Pekanbaru sejak beberapa pekan terakhir sudah sering diguruy hujan dengan itensitas ringan, sedang hingga lebat.

Namun demikian, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra menyatakan jika saat ini Ibukota Provinsi Riau belum memasuki musim penghujan.

"Ya, memang masih ada hujan, tapi belum masuk musim hujan. Hujannya masih sedang dan belum merata," ujarnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+