Satpol PP Pekanbaru Copot APK Caleg di Pohon, Ada Milik Wakil Menteri ATR

Rabu, 01 November 2023 - 19:40:53 WIB Cetak

Personel Satpol PP Pekanbaru saat mencopot baliho Raja Juli Antoni di Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (1/11/2023).

Betuah Pekanbaru - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru, melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) milik calon legislatif (caleg) yang dipasang di sembarang tempat, Rabu (1/11/2023).

Di Jalan Soekarno-Hatta, terdapat baliho caleg DPR RI Raja Juli Antoni yang dicopot Satpol PP lantaran dipasang dan disandarkan di pohon pelindung. Raja Juli Antoni sendiri saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (Wamen ATR).

Selain baliho Raja Juli Antoni, juga ada baliho caleg DPR RI Irvan Herman, anak mantan Walikota Pekanbaru Herman Abdullah yang turut dicopot karena dipasang di pohon pelindung.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian menyebutkan, terdapat puluhan APK caleg di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Riau, Soekarno Hatta, Soebrantas dan Arifin Ahmad yang ditertibkan pihaknya.

"APK ini kita tertibkan karena dipaku di pohon-pohon, jalur hijau, tiang listrik dan di lampu merah. Jug ada baliho kadaluwars atau habis masa tayang yang juga ditertibkan," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pemasangan APK di sembarang tempat jelas telah melanggar aturan berlaku dan merusak keindahan kota. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu supaya mengingatkan ke partai politik tentang aturan pemasangan APK.

"Nanti dari partai politik bisa meneruskan ke caleg masing-masing," ucapnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun memerintahkan ke Satpol PP untuk mencopot APK caleg yang banyak dipaku di pohon pelindung.

Sebab, keberadaan APK yang dipaku di pohon khususnya di sepanjang jalan protokol telah melanggar aturan berlaku serta merusak keindahan kota.

"Untuk itu OPD terkait kita minta turun melakukan razia dan menanggalkan baliho yang tak sesuai dengan penempatannya, salah satunya itu yang dipasang di pohon," pintanya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+