Musim Hujan Rawan Banjir, BPBD Pekanbaru akan Tetapkan Status Siaga Hidrometeorologi

Selasa, 07 November 2023 - 15:53:55 WIB Cetak

Banjir pasca hujan yang merendam kawasan Sigunggung, Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

Betuah Pekanbaru - Kota Pekanbaru, Riau, kini mulai memasuki musim hujan yang rawan terjadinya banjir sesaat di pemukiman warga khususnya di daerah aliran sungai.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru akan menetapkan status siaga bencana hidrometeorologi.

"Kalau memang hujan merata dan intensitasnya tinggi, kita akan tetapkan status siaga hidrometeorologi. Sekarang kita lihat perkembahan cuaca dulu," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Selasa (7/11/2023).

Ia menyampaikan, saat ini hujan yang kerap mengguyur Kota Bertuah belum merata. Namun demikian BPBD tetap siap siaga untuk melakukan penanganan banjir.

"Sekarang memang sudah sering hujan, tapi belum merata. Kadang di utara hujan, timur tidak. Tapi yang penting kita tetap waspada," ujarnya.

Disebutkan Zarman juga, sejauh ini belum ada pemukiman warga di wilayah setempat yang direndam banjir pasca hujan.

"Dari pengawasan kita, sejauh ini belum ada (banjir di pemukiman warga)," tutup Zarman seraya menghimbau warga untuk tetap waspasa banjir jika sewaktu-waktu turun hujan dengan intensitas lebat.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+