PUPR Pekanbaru Segera Operasikan Excavator Amfibi Keruk Sungai Sail

Senin, 04 Desember 2023 - 19:58:09 WIB Cetak

Excavator milik BWSS III Kemen PUPR saat membantu pengerukan Sungai Sail, beberapa waktu lalu.

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, segera mengoperasikan excavator amfibi untuk mengeruk Sungai Sail.

Saat ini, excavator amfibi yang baru dibeli tersebut akan dilakukan tes commissioning atau pemeriksaan secara menyeluruh terhadap peralatan dan semua fungsinya terlebih dahulu.

"Amfibi kita sudah nyampai. Insyaallah besok mau kita tes dulu. Kita pastikan dulu sama vendornya, kita lakukan test drive dulu," ucap Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edwrad Riansyah, Senin (4/12/2023).

Setelah dilakukan tes commissioning, kata Edu, sapaan akrabnya, excavator amfibi itu baru akan dioperasikan untuk mengeruk Sungai Sail yang kini sudah mengalami pendangkalan karena dipenuhi lumpur dan sampah.

"Dengan dilakukan pengerukan, kita berharap Sungai Sail bisa lebih banyak menampung debit air. Sehingga ketika hujan, air tidak lagi menggenangi pemukiman warga maupun badan jalan," harap dia.

Seperti diketahui, tahun ini Dinas PUPR Kota Pekanbaru melakukan pembelian tiga unit excavator yang terdiri dari satu excavator amfibi dan dua unit excavator mini.

Pembelian excavator amfibi bertujuan untuk mengeruk Sungai Sail guna meminimalisir banjir ketika musim hujan. Sementara excavator mini guna membantu pasukan kuning menormalisasi drainase.

Kedatangan excavator amfibi sendiri lebih cepat dari diperkirakan awal yakni sekitar tanggal 20 Desember 2023.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+