Jadi Warga Kehormatan Sunda, Mahfud Dipanggil Uwak

Sabtu, 09 Desember 2023 - 16:59:56 WIB Cetak

BANDUNG- Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD bertemu dengan para pendukungnya dari generasi milenial, seniman dan budayawan Sunda di Bandung Interactive HUB di Jalan Maskumambang Kota Bandung, Jawa Barat, pada Sabtu (9/12/2023). 

Pada kesempatan itu, Mahfud MD diangkat sebagai warga kehormatan Sunda dan mendapat panggilan uwak. Juhana Sustisna atau yang akrab disapa Joe P Project saat memandu jalannya pertemuan mengatakan, budayawan dan seniman Sunda yang hadir ingin mengangkat Mahfud MD yang berasal dari suku Madura menjadi warga kehormatan Sunda dengan menyematkan panggilan uwak agar lebih akrab terdengar di telinga masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. 

"Karena uwak ini derajatnya lebih tinggi dari akang atau emang. Emang mah sudah banyak, jadi biasa saja. Kalau uwak berdiri tunggal," kata Joe, sebagaimana dilansir Kompas.com, Sabtu.

Budi Dalton, budayawan Sunda lainnya, mengatakan, sangat lazim dalam pemilu orang yang ikut berkontestasi baik di Pilpres, Pilkada, atau Pileg menyematkan panggilan akrab sesuai dengan tempat mereka berada. Alasan dipilihnya sapaan uwak untuk Mahfud MD adalah karena sangat cocok dengan kepribadian yang ramah. "Di momen pilkada, pilpres semua ingin punya sapaan. Kita melihat posisi Bapak dalam tritangtu Sunda itu orangnya ramah dan di tahap selesai, tidak memikirkan apa-apa lagi di dunia. Makanya, uwak itu sebutan berharga," ucap Budi Dalton.

Menurut Budi, selain sudah terlalu banyak digunakan oleh para politisi, sapaan emang atau mamang lebih banyak disematkan untuk pedagang kaki lima. Karena itu, pihaknya memilih memberikan sapaan uwak untuk Mahfud MD. "Dalam konteks budaya sunda emang itu sapaan akrab, tapi sekarang ada konotasi emang itu  tukang dagang, jadi emang, akang terlalu normatif, " tuturnya. 

"Apakah Bapak keberatan dipanggil uwak, mudah-mudahan Bapak tidak keberatan dipanggil uwak," sambung Budi Dalton. Mahfud MD menyambut dengan bangga sebutan uwak kepada dirinya. Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, khususnya Kota Bandung, untuk tidak segan memanggilnya dengan sapaan uwak. 

"Saya sangat senang dipanggil uwak. Jadi kalau tiap ketemu, panggil saja Uwak Mahfud," tandasnya. Budi Dalton langsung memakaikan ikat kepala dan baju pangsi khas Sunda kepada Mahfud.***

 



Baca Juga Topik #nasional+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+